Cara Menyusun Kalimat: Perhatian 4 Struktur Pembentuknya!

Cara Menyusun Kalimat: Perhatian Struktur Pembentuknya!

Kalimat merupakan unsur penting di dalam kegiatan kepenulisan. Maka menyusun kalimat dengan baik dan benar sangat penting untuk diketahui.

Dengan menggunakan kalimat, penulis dapat mengkomunikasikan informasi, peristiwa, dan menyampaikan sebuah narasi yang dituangkan dalam bentuk cerita, cerpen misalnya.

Cara Menyusun Kalimat: Perhatian 4 Struktur Pembentuknya!

Suatu kalimat yang baik dan benar harus menyesuaikan dengan kaidah atau aturan yang berlaku. Semisal bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia maka cara menyusun kalimat juga harus sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Salah satunya yaitu terkait dengan struktur pembentuknya.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas cara menyusun kalimat yang baik terkait dengan strukturnya. Silahkan menyimak uraian di bawah ini untuk lebih lengkapnya.

Pengertian Struktur Kalimat

Sebelum kita membahas cara menulis atau menyusun kalimat yang baik, kamu perlu tahu apa itu struktur kalimat. Struktur kalimat adalah bagaimana susunan dari sebuah kalimat. Dimana kalimat itu sendiri terdiri dari beberapa kata.

Kumpulan kata tersebut disusun sedemikian rupa menjadi suatu kalimat. Sehingga kalimat tersebut menjadi kalimat yang baik dan utuh serta dapat menyampaikan suatu makna atau pesan. Makna di sini bukan suatu hal yang mendalam terkait makna hidup. Bukan.

Melainkan apa sebenarnya maksud dari kalimat tersebut dituliskan. Apakah kalimat tersebut hendak menyampaikan informasi, bertanya, atau memerintah.

Apa Saja 4 Struktur untuk Membuat Kalimat

Ada empat unsur untuk menyusun kalimat. Keempat unsur tersebut tidak berarti harus digunakan semuanya setiap kali menulis kalimat.

Namun disesuaikan dengan kebutuhan dari kalimat tersebut. Dan perlu kamu tahu bahwa satu kalimat setidaknya atau minimal harus terdiri dari subjek dan predikat.

1. Subjek

Dalam sebuah kalimat, subjek menempati posisi sebagai pokok pembicaraan atau unsur inti. Letaknya sering terdapat di awal kalimat dan sebelum predikat.

Subjek biasanya berupa kata benda dan berfungsi untuk menunjukkan pelaku. Subjek bisa dalam bentuk kata, dan bisa juga berupa frasa atau klausa (lebih dari satu kata).

2. Predikat

Predikat memiliki ciri menunjukkan pekerjaan atau sesuatu yang dilakukan oleh subjek. Jadi berupa kata kerja, baik kata kerja aktif maupun pasif.

Melansir Penerbit Dee Publish, predikat juga dapat ditempati oleh kata sifat dan kata benda.
Untuk letaknya sendiri predikat berada di antara subjek dan objek.

3. Objek

Objek harus terletak setelah predikat atau di belakang predikat. Pada kalimat pasif, suatu objek dapat berubah menjadi fungsi sebagai subjek.

4. Keterangan

Keterangan sering dinilai sama dengan objek, padahal keduanya berbeda. Perbedaan tersebut  terutama akan terlihat jika kita menyusun kalimatnya berupa kalimat pasif.

Posisi keterangan berada di akhir suatu kalimat dan dijadikan pelengkap kalimat. Keterangan dapat berupa frasa atau pun anak kalimat.

Ketika keterangan berupa frasa akan dilengkapi dengan preposisi sebelum keterangan itu dituliskan. Contoh preposisi yang digunakan ketika keterangannya berupa frasa, yaitu: ke, kepada, dari, di, pada, dalam, terhadap, untuk, oleh, dan tentang.

Sedangkan keterangan berupa anak kalimat akan dilengkapi preposisi seperti: jika, karena, ketika, sehingga, supaya, dan meskipun.

Sekilas Tentang Cara Menyusun Kalimat yang Baik

Selain memperhatikan struktur kalimat di atas yaitu penyusunan yang logis SPOK-nya, dalam menyusun kalimat juga haruslah efektif. Harus mampu menyampaikan satu gagasan atau makna atau ide atas pesan yang jelas. Dan setiap satu kalimat diawali menggunakan huruf besar, dan diakhiri oleh tanda titik atau seru atau tanya.

Nah, itu dia penjelasan singkat terkait cara menyusun kalimat. Yakni kamu harus memperhatikan strukturnya yang minimal terdiri dari subjek dan predikat. Dan jika ingin lengkap terdiri dari SPOK, tergantung dengan kalimat apa yang akan kamu tulis.

Perlu kamu ketahui bahwa cara menyusun kalimat dengan baik adalah salah satu ilmu dasar yang harus dikuasai oleh seorang penulis. Sebab cerita cerpen atau novel yang kamu ciptakan pasti terdiri dari beberapa paragraf, dan penyusun sebuah paragraf adalah berupa kalimat. Jadi jangan malas dan teruslah belajar bagaimana cara membuat kalimat yang baik, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *