7 Tips Menulis Quotes dengan Segenap Hati, agar Pesannya mudah Menyentuh Pembaca

7 Tips Menulis Quotes dengan Segenap Hati, agar Pesannya mudah Menyentuh Pembaca

Menulis dengan segenap hati akan menjadikan karya yang kamu tulis menjadi lebih bermakna. Tidak sekedar tulisan kosong yang sekali baca si pembaca lupa dengan isi dan maksud tulisan tersebut. Menulis dengan segenap hati pun tidak hanya ketika kamu menulis puisi, dalam menulis quotes kepekaan hati juga sangat diperlukan.

7 Tips Menulis Quotes dengan Segenap Hati, agar Pesannya mudah Menyentuh Pembaca

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan strategi menulis quotes dengan segenap hati, yaitu sebagai berikut ini:

1. Merenunglah

Merenung atau melamun menjadi salah satu hal yang harus dikuasai oleh seorang penulis. Pada kegiatan itu, seorang penulis bukan diam begitu saja melainkan pikirannya berkelana. Bisa dikatakan raga ada di kamar tapi imajinasi bisa mengangkasa.

Nah, pada saat akan menulis quotes renungkanlah suatu hal terkait yang pernah terjadi pada dirimu. Hal tersebut bisa mengenai kegagalan, kesuksesan, cinta, kehilangan.

Pada saat merenungkan pengalaman hidupmu tersebut telusuri perasaan terdalam apa yang paling kamu ingat. Lalu biarkan emosi tersebut merasuk dan mengalir pada pikiranmu, hatimu setelahnya goreskanlah melalui tinta di bukumu untuk menjadi kepingan quotes indah nan menginspirasi.

2. Menulis yang Isinya Ditujukan kepada Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Saat menulis quotes tujuannya pasti bermacam-macam, bisa untuk konten di Instagram, diikutsertakan lomba atau diselipkan dalam cerita cerpen atau novel. Nah, agar kamu bisa menulis quotes dengan segenap hati, pastikan tujuan tersebut kamu kesampingkan terlebih dahulu. Apalagi menulis yang ditujukan untuk orang lain baik untuk menyindir atau memberikan nasihat.

Menulis untuk diri sendiri berarti, menulis yang sesuai dengan kondisi dirimu atau perasaanmu, apa yang kamu anggap benar atau indah. Quotes yang kamu tulis pun akan penuh kejujuran dan akan mudah terhubung dengan keluarga.

3. Gunakan Diksi yang Indah

Agar quotes yang kamu tulis lebih estetik, jangan lupa untuk menggunakan diksi atau pilihan kata yang indah. Pemilihan diksi yang indah juga akan memudahkan pembaca untuk mencerna dan mengingat quotes-mu tersebut.

4. Perbanyak Membaca

Pelajari quotes yang sudah pernah ada, cari tahu mengapa menurutmu quotes tersebut indah dan bisa menyentuh hatimu. Selain banyak membaca, kamu pun juga bisa menambah wawasan atau inspirasi menulis quotes dengan baik melalui sebuah lagu. Karena biasanya lagu itu tersusun dari penggalan diksi indah.

5. Jangan Gunakan Metafora yang Berlebihan

Metafora atau perumpamaan memang indah untuk diselipkan ke dalam quotes. Namun, jika majas tersebut terlalu berlebihan dan tidak lazim digunakan maka akan membuat pembaca tidak memahami isinya. Jika isinya saja tidak paham, lalu bagaimana quotes tersebut akan menyentuh hatinya?

6. Endapan Quotes yang Telah Selesai Kamu Tulis

Sebelum mempublikasikan quotes, ada baiknya jika kamu endapkan. Tujuannya agar kamu bisa melupakannya sejenak lalu melihatnya kembali untuk dilakukan penilaian dengan lebih objektif. Apabila jelek, kamu bisa memperbaikinya terlebih dahulu.

7. Pastikan tidak Plagiat

Menulis quotes dengan hati berarti menulis dengan jujur. Jangan sampai kamu meniru quotes punya orang lain apalagi jika tujuannya untuk dilombakan. Kecuali jika kamu ingin menyisipkannya di sebuah cerita, yang nantinya pun perlu untuk kamu cantumkan sumbernya.

Itulah tujuh tips menulis quotes dengan segenap hati yang bisa kamu lakukan. Pastikan juga setelah quotes berhasil kamu tulis bagikan ke teman untuk meminta pendapat mereka. Jika semua sudah kamu lakukan, kamu bisa mempublikasikannya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *