8 Tips Membuat Ilustrasi untuk Buku Kumpulan Quotes

8 Tips Membuat Ilustrasi untuk Buku Kumpulan Quotes

Ilustrasi untuk buku kumpulan quotes menjadi salah satu elemen penting ketika kamu hendak menerbitkan buku kumpulan quotes. Sebagai contoh buku kumpulan quotes dengan desain ilustrasi yang menarik bisa kamu jumpai dalam buku Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini karya Marchella FP.

8 Tips Membuat Ilustrasi untuk Buku Kumpulan Quotes

Ilustrasi buku, selain membuat tampilannya lebih menarik juga bisa membuat quotes yang kamu tulis mudah diingat dan dipahami oleh pembaca. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tips yang bisa kamu gunakan dalam membuat ilustrasi buku kumpulan quotes, yaitu:

1. Pilih Gaya Ilustrasi yang Sesuai

Pastikan gaya ilustrasi yang akan kamu gunakan sesuai atau berkesinambungan dengan tema dan tone bukumu. Selain itu pastikan juga desain yang kamu gunakan konsisten di seluruh isi buku.

2. Pilih dan Gunakan Warna yang Tepat pada Ilustrasi untuk Buku Kumpulan Quotes

Ketika memilih warna pastikan warna yang kamu gunakan jangan terlalu banyak atau beragam, karena dapat membuat ilustrasi terlalu ramai dan membingungkan. Pastikan juga warna yang kamu pilih sesuai dengan tema yang kamu angkat.

3. Memaksimalkan Tipografi

Jangan lupakan tipografi ketika kamu akan membuatkan ilustrasi buku pada buku kumpulan quotes. Jangan sampai kamu salah memilih font yang mana membuat font yang kamu pilih tenggelam karena i yang kamu buat. Oleh karena itu pastikan bahwa:

  • Pilih font yang mudah dibaca dan sesuai dengan gaya ilustrasi.
  • Gunakan variasi tipografi untuk membantu menonjolkan quotes yang penting.
  • Pastikan ukuran font sesuai dengan format buku.

4. Gunakan Elemen Desain Lainnya

Gunakan elemen desain lainnya seperti garis, bentuk, dan tekstur untuk membuat ilustrasi lebih menarik. Pastikan elemen desain lainnya tidak mengalihkan perhatian dari quotes

5. Menggabungkan Ilustrasi dan Quotes

Pastikan antara quotes dengan ilustrasi ditempatkan dengan seimbang dan harmonis. Jangan sampai ilustrasi mengalihkan perhatian pembaca dari quotes karena tujuan dari membuat desain ilustrasi ialah memastikan quotes menjadi lebih menonjol atau terlihat, mudah diingat dan mudah dipahami oleh pembacanya.

6. Gunakan Desain Ilustrasi Buku untuk Mencerminkan Makna Quotes

Gunakan ilustrasi untuk membantu pembaca memahami makna quotes. Jadi pastikan untuk menghindari ilustrasi yang klise atau tidak relevan dengan quotes.

7. Perbanyak Membaca Buku Kumpulan Quotes

Tips berikutnya dalam membuat desain ilustrasi untuk buku kumpulan quotes ialah dengan perbanyak membaca atau riset terhadap buku kumpulan quotes yang sudah pernah terbit. Riset ini bertujuan untuk menganalisis desain ilustrasi mana yang paling bagus sehingga bisa kamu jadikan salah satu inspirasi. Ingat, ya inspirasi! Jadi bukan untuk kamu plagiat!

8. Gunakan Software Desain Profesional

Tips berikutnya dalam membuat desain ilustrasi untuk buku kumpulan quotes ialah gunakan software atau aplikasi desain profesional. Jika perlu gunakan software yang berbayar atau upgrade software-nya menjadi berbayar agar proses desain menjadi lebih mudah dan hasilnya menarik.

Sebagai contoh rekomendasi software desain yang bisa kamu gunakan di antaranya yaitu:

  • Adobe Illustrator
  • Adobe Photoshop
  • Canva

Lalu bagaimana jika kamu kurang mahir dalam mendesain ilustrasi buku atau waktu untuk mendesain terlalu terbatas karena berbagai kesibukanmu? Nah, solusi kamu bisa menggunakan jasa desain ilustrasi buku.

Pastikan kamu menggunakan jasa desain ilustrasi buku yang sudah berpengalaman dan juga profesional. Misalnya, kamu bisa menggunakan jasa desain ilustrasi buku dari Detak Pustaka yang telah berpengalaman dalam dunia penerbitan yang pastinya juga mendesain ilustrasi buku dengan harga yang terjangkau, untuk informasi lebih lanjut terkait jasa desain ilustrasi buku ini silakan klik di sini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *