Lomba Menulis Kreatif: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Tips

Lomba Menulis Kreatif: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Tips

Lomba menulis kreatif banyak sekali diselenggarakan baik oleh instansi pemerintah, seperti sekolah, dinas pendidikan, perguruan tinggi maupun pihak swasta. Pihak swasta misalnya sebuah penerbitan.

Lomba Menulis Kreatif: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Tips

Lalu apakah yang dimaksud dengan lomba menulis kreatif, jenisnya, manfaat, dan tips mengikutinya. Pada artikel kali ini akan kita akan membahasnya.

Pengertian lomba menulis kreatif

Lomba menulis kreatif adalah sebuah kompetisi di bidang penulisan kreatif, yaitu tulisan yang bersumber dari pikiran peserta. Pikiran yang bagaimana? Yang kreatif dan orisinal tentunya.

Misalnya menulis dengan pola berpikir yang tajam, kritis dalam menemukan substansi tertentu untuk ditulis dari karyanya. Berpikir yang tidak dibatasi oleh batasan-batasan tertentu. Selalu berpikir tajam akan realita yang dialami.

Jenis-jenis tulisannya

Pada dasarnya menulis kreatif itu tidak hanya terkait dengan karya sastra seperti cerpen dan puisi. Menulis kreatif juga termasuk dengan karya di luar karya sastra, misalnya esai, artikel populer, dan juga karya tulis feature.

Manfaat mengikuti lomba menulis kreatif

Apabila kamu mengikuti lomba menulis kreatif akan ada beberapa manfaat yang kamu dapat yaitu:

  1. Melatih kamu untuk berpikir kreatif dan inovatif lalu menuangkannya dalam bentuk tulisan.
  2. Sebagai media untuk mengasah kemampuan dalam menulis apabila kamu adalah penulis pemula.
  3. Sebagai media kamu mengekspresikan diri akan suatu hal terkait dengan tema yang diangkat oleh penyelenggara lomba menulis kreatif.
  4. Memperoleh pengalaman menulis kreatif dan memperluas relasi pertemanan

Tips dalam mengikuti lomba menulis kreatif

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat mengikuti lomba menulis kreatif, yaitu:

Tips yang pertama: tips ketika memilih jenis lombanya

Pilihlah jenis lomba yang kamu minati. Semisal kamu lebih berminat menulis puisi pilihlah puisi. Bila kamu ingin berpikir kreatif mengenai sebuah ide untuk masa depan pilihlah lomba menulis esai. Pastikan juga untuk kamu tahu tema apa yang diangkat, ya!

Tips yang kedua: bacalah dengan seksama peraturan lomba

Pastikan untuk kamu membaca dengan seksama persyaratan dan panduan lomba. Pastikan juga semua persyaratan tersebut kamu penuhi. Baik berupa panjang tulisan, batas pengiriman, dan lain sebagainya.

Tips yang ketiga: tips ketika proses menulis secara umum

Kita akan membahas tips menulis kreatif secara umum, artinya tidak berfokus pada satu jenis tulisan ya. Berikut adalah tips-nya, semoga bermanfaat.

  1. Carilah ide yang menarik dan kembangkanlah ide tersebut. Pastikan idemu unik dan semenarik mungkin sehingga berbeda dengan peserta lainnya.
  2. Lakukanlah riset untuk tulisan yang kamu tulis, agar tidak hanya unik tapi juga berdasarkan fakta untuk memperkuat argumen atau pun kreatifitas kamu.
  3. Ketika proses menulis pastikan hasil tulisanmu mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca, dalam hal ini tentunya adalah dewan juri.
  4. Periksa dan edit tulisan kamu sebelum mengirimkannya. Pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa, ejaan, atau tanda baca.
  5. Kirimkanlah naskah yang kamu tepat waktu.

Itulah beberapa hal mengenai lomba menulis kreatif. Semoga bermanfaat untuk kamu jadikan referensi ketika mengikuti lomba menulis kreatif.

Sehingga semakin memperbesar peluangmu untuk jadi juara, tapi seandainya tidak jadi juara pun tidak masalah. Karena selain menjadi juara, keberanian kamu untuk mengikuti lomba dengan maksimal itu sudah baik juga.

Intinya jangan terlalu fokus pada hasil kalah atau menang. Tapi fokus dan nikmatilah proses kamu dalam menulis kreatif. Tentunya keterampilanmu pun akan semakin meningkat seiring kamu berproses dalam mengikuti lomba menulis.

Tinggalkan Komentar