4 Tips Layout Desain Majalah agar Lebih Komunikatif dan Menarik

4 Tips Layout Desain Majalah agar Lebih komunikatif dan Menarik

Majalah memiliki banyak fungsi, baik untuk instansi pemerintah, sekolah, ataupun bisnis. Jika kamu memiliki atau merintis bisnis atau usaha di bidang tertentu tidak ada salahnya kamu membuat majalah.

Majalah yang umum digunakan dan diakses oleh internal perusahaanmu ataupun untuk calon pelangganmu. Fungsinya ya sebagai media pengenalan produk atau brand-mu.

4 Tips Layout Desain Majalah agar Lebih Komunikatif dan Menarik

Dalam pembuatannya, agar tercapai manfaat tersebut maka layout desain majalah yang kamu buat harus komunikatif dan menarik. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan tipslayout desain majalah. Berikut adalah tips yang bisa kamu terapkan:

1. Pahami Bahwa Cover Majalah Memiliki Peran Penting

Tips layout desain majalah yang pertama berkaitan dengan cover atau sampul majalah. Pada saat me-layout majalah, kamu harus paham dan berpegang teguh bahwa cover majalah adalah bagian majalah yang penting. Untuk itu ketika kamu mendesainnya harus mendapatkan perhatian lebih.

Melalui sampul pembaca akan terpacu untuk memilih majalah tersebut atau tidak. Sampul ini akan merepresentasikan isi majalah.

Tipsnya adalah kamu tidak harus membuatnya mencolok, berwarna-warni dan tata letak yang terlalu padat karena akan memunculkan kesan kuno. Yang perlu kamu lakukan adalah membuat header dan sub-judul yang kuat dan seimbang dipadukan dengan infografis sederhana tapi tetap menarik perhatian.

Pastikan untuk tetap mempertahankan judul majalah. Berikan sub judul yang kuat dengan mengambil satu artikel yang menjadi fokus utama majalah. Jangan lupa untuk memasangkan judul dengan foto yang kuat dan simpel.

2. Layout pada Bagian Daftar Isi juga Penting

Tips layout desain majalah yang kedua terkait dengan daftar isi. Setelah melihat cover atau sampul, biasanya orang yang akan membaca majalah akan bergegas menuju daftar isi. Nah, dalam membuatnya pastikan daftar isi ini jelas dan memiliki visual yang juga menarik. Jangan sampai hanya seperti daftar isi di buku atau bahkan skripsi, ya!

Tips yang bisa kamu lakukan adalah kamu bisa membuat nomor halaman yang besar dan bergaya dilengkapi dengan kisi gambar topik konten. Pada tiap nomor kamu bisa memberikan warna yang berbeda.

Misalnya dengan warna biru, kuning, dan hitam yang langsung terlihat jelas dan membuat penelusuran isi majalah menjadi mudah. Pada intinya, daftar isi majalah harus penuh dengan gambar yang menarik dan tipografi yang menarik agar pembaca berminat untuk mendalami isi konten majalah tersebut.

3. Perhatian Tipografi

Tips layout desain majalah yang ketiga terkait dengan tipografi. Walaupun majalah erat kaitannya dengan gambar atau infografis, tapi konten utamanya tetap berupa teks. Oleh sebab itu pada saat me-layout majalah penting sekali untuk memperhatikan tipografi.

Foto dan warna dapat berubah bergantung kualitas printer pada saat mencetak. Namun, tipografi akan tetap sama, jadi luangkan waktu untuk mempertimbangkan jenis tipografi yang kamu inginkan untuk majalahmu.

Kamu perlu melakukan riset guna menemukan jenis huruf yang tepat yang akan mengkomunikasikan jenis majalahmu. Sebab antara majalah tentang makanan, fashion, dan olahraga tentunya memiliki tipografi yang berbeda.

Dan nantinya antara judul dengan isi teks juga akan memakai huruf yang berbeda. Tidak hanya hurufnya yang berbeda, bahkan ukurannya pun juga berbeda. Namun penggunaan ini dilakukan secara konsisten pada setiap konten majalah.

4. Pastikan untuk Selalu Konsisten

Kamu perlu konsisten dalam pemilihan tema, tone warna, tipografi dan lain sebagainya. Jangan sampai satu majalah keseluruhan isinya atau halamannya tidak ada benang merahnya alias tidak konsisten.

Itulah empat tips layout desain majalah yang perlu kamu terapkan. Tips di atas adalah tips terkait konsep bagaimana kamu mengeksekusinya juga bergantung pada kemampuan kamu menggunakan software desain seperti Photoshop, Corel Draw dan lain sebagainya.

Kreativitasmu juga diperlukan dalam membuat layout desain majalah. Nah, jika bisnismu masih pada tahap merintis dan belum bisa mempekerjakan profesional untuk merancang layout desain majalah, dan kemampuanmu sendiri dalam mendesain itu lemah maka kamu bisa menggunakan jasa. Salah satunya, kami merekomendasikan jasa layout desain majalah dari Halo Penulis.

Dengan tim yang profesional di bidang layout desain majalah, kami menjamin kualitas yang akan dihasilkan. Apabila kamu tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut silakan klik tautan ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *