4 Perbedaan Skripsi dan Buku yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Mengkonversi Skripsi Menjadi Buku

Perbedaan Skripsi dan Buku yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Mengkonversi Skripsi Menjadi Buku

Perbedaan skripsi dan buku perlu kamu ketahui, jika kamu ingin mengkonversi skripsimu menjadi buku. Kita sama-sama tahu bahwa dibalik sebuah skripsi di sana ada perjuangannya.

Perjuangan melakukan penelitian, membuat laporan berupa skripsi, mengejar tanda tangan dosen, sidang, revisi, minta tanda tangan lagi, revisi lagi hingga akhirnya berhasil dicetak. Karena prosesnya yang luar biasa tersebut maka tidak ada salahnya jika kamu memiliki keinginan untuk merubahnya menjadi buku.

4 Perbedaan Skripsi dan Buku yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Mengkonversi Skripsi Menjadi Buku

Pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan perbedaan skripsi dan buku. Selain memahas perbedaan diantara keduanya, kami juga memaparkan dua cara untuk mengkonversi skripsi menjadi buku. Berikut adalah penjelasannya:

Perbedaan antara Skripsi dan Buku

Berikut adalah perbedaan antara skripsi dan buku:

1. Penggunaan bahasa

Perbedaan skripsi dan buku yang pertama terkait penggunaan bahasa. Skripsi layaknya laporan penelitian ilmiah, otomatis bahasa yang digunakan kaku dan ilmiah.

Berbeda dengan buku, bahasa yang digunakan cenderung mudah dipahami oleh masyarakat awam. Oleh sebab itu ketika nanti kamu mengkonversi skripsi menjadi buku perhatian pengguna bahasanya, ya!

2. Jangkauan pembacanya

Perbedaan skripsi dan buku yang kedua terkait dengan jangkauan pembaca. Skripsi, setelah jadi biasanya hanya akan di letakkan di perpustakaan kampus atau fakultas. Dan bila kamu mencetaknya mungkin hanya akan kamu taruh di laci mejamu. Sehingga jangkauan pembacanya hanya mahasiswa.

Berbeda dengan buku, bila skripsimu kamu rubah menjadi buku kamu bisa memperjual belikannya. Selain kamu akan mendapatkan uang, ilmu yang sudah kamu pelajari dan hasil penilaian yang kamu peroleh bisa dibaca oleh banyak orang.

3. Tampilan dan ISBN

Perbedaan skripsi dan buku yang ketiga terkait tampilan fisiknya. Skripsi memiliki tampilan fisik yang monoton. Tampilan fisik tersebut meliputi cover dan layout yang digunakan.

Sementara itu, buku lebih menarik dan komunikatif. Desain cover dan layout menjadi profesional dan nyaman untuk dibaca. Selain tampilan yang profesional, buku hasil dari konversi skripsi akan memiliki ISBN yang tentunya jika kamu mendaftarnya, ya!

4. Struktur Isinya

Skripsi memiliki struktur isi yang sudah pakem sesuai dengan ketentuan perguruan tinggi. Pada umumnya terdiri dari:

  • Lembar persetujuan
  • Lembar pengesahan
  • Pernyataan keaslian tulisan
  • Bab 1 (pendahuluan)
  • Bab 2 (tinjauan pustaka)
  • Bab 3 (metode penelitian
  • Bab 4 (analisis dan pembahasan)
  • Bab 5 (Kesimpulan dan Saran)
  • DLL

Sedangkan buku lebih sederhana tapi tetap bisa menyampaikan isi yang ingin disampaikan dari skripsimu tersebut.

Cara Konversi Skripsi Menjadi Buku

Ada dua cara yang bisa kamu pakai untuk mengkonversi skripsimu menjadi buku. Yaitu mengkonversikannya sendiri atau menyewa jasa konversi.

Mengkonversi sendiri

Bila kamu ingin merubah skripsi menjadi buku secara mandiri, kamu perlu tahu dulu perbedaan skripsi dan buku. Lalu kamu perlu mencatat poin-poin mana saja yang akan kamu angkat menjadi buku.

Jika sudah selesai kamu perlu melakukan revisi, dan bila benar-benar sudah rampung kamu perlu:

  • Mendesain cover
  • Melakukan layouting buku
  • Mengirimkannya ke penerbit
  • Tunggu hasilnya, apakah naskahmu lolos di editor penerbitan atau tidak
  • Bila lolos kamu bisa menerbitkan bukumu

Menggunakan jasa konversi skripsi menjadi buku profesional

Dengan menggunakan jasa ini kamu tidak perlu bersusah payah melakukan segala proses yang kami sebutkan di atas. Kamu hanya perlu menyiapkan naskah skripsi dan juga uang.

Selanjutnya naskah skripsimu akan dikonversi oleh penulis buku profesional. Kamu pun tidak perlu mendesain cover, melakukan layouting, mendaftarkan ISBN, dan mencari penerbitan. Segala proses tersebut akan dikerjakan oleh penyedia jasa, kamu tinggal menerima hasilnya.

Nah bagaimana sangat menarik, bukan jika kamu menggunakan jasa konversi skripsi menjadi buku profesional? Jika kamu ingin menggali informasi lebih lanjut terkait jasa konversi skripsi menjadi buku silakan klik di sini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *