5 Solusi jika Sedang Bosan Menulis yang Bisa Kamu Terapkan

5 Solusi jika Sedang Bosan Menulis yang Bisa Kamu Terapkan

Bosan menulis adalah momok yang sebaiknya dihindari oleh penulis. Baik itu penulis pemula maupun profesional. Namun, namanya manusia rasa bosan itu pasti ada dan bisa datang kapan saja.

5 Solusi jika Sedang Bosan Menulis yang Bisa Kamu Terapkan

Jika kamu sedang jenuh dalam menulis, ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan. Solusi yang bisa kamu lakukan, adalah berikut ini:

1 Berikan Challenge atau Tantangan pada Dirimu

Jenuh atau bosan biasanya disebabkan oleh aktivitas yang monoton. Seperti jenis tulisan yang itu-itu saja, ruang menulis yang itu-itu saja, dan lain sebagainya.

Untuk itu salah satu solusi jika sedang bosan menulis adalah memberikan challenge pada dirimu. Tantangan baru! Contohnya meminta bantuan teman menulis di komunitas menulis untuk memberikan kamu tantangan menulis berdasarkan satu kata tertentu.

Dari satu kata tersebut kembangkanlah menjadi sebuah ide menulis, lalu rakit menjadi sebuah karya tulis. Tidak perlu harus berupa naskah cerpen atau bahkan novel, lo! Kamu bisa merangkainya menjadi sebuah quotes, caption untuk foto Instagram atau menjadi sebuah fiksi mini.

2. Ambil Waktu untuk Istirahat Sejenak

Solusi jika sedang bosan menulis yang kedua adalah istirahat sejenak. Jenuh atau bosan bisa saja terjadi karena kita sedang lelah atau capek. Oleh karena itu menyempatkan diri untuk istirahat sejenak, itu penting.

Lupakan draft naskah tulisanmu dan segarkan kembali pikiranmu. Selain menghilangkan rasa bosan, dengan istirahat maka setelahnya ide-ide menulis akan lebih mengalir.

3. Membaca Karya Orang Lain

Solusi jika sedang bosan menulis yang ketiga adalah dengan membaca karya orang lain. Solusi ini selain baik untuk mengatasi rasa bosan, juga bisa sebagai media penambah ilmu.

Mengapa bisa menambah ilmu? Sudah bisa dipastikan bahwa membaca bisa menambah ilmu, kan?

Semisal begini, kamu pernah ikut lomba menulis cerpen dan membeli buku antologi dari peserta juara dan terpilih. Dan sekarang kamu sedang mengikuti lomba menulis cerpen tersebut dan ingin memperbesar peluangmu untuk jadi juara.

Dengan kamu membaca karya orang lain misalnya karya dari penulis yang berhasil juara satu, kamu bisa belajar dari karya tersebut mengapa karya tersebut terpilih jadi juara. Selanjutnya terapkan ilmu yang sudah kamu dapat dari proses membaca tersebut, dan perbesar peluang kamu untuk jadi juara lomba menulis cerpennya.

4. Siapkan Cemilan dan Minuman Penambah Mood Menulis

Cemilan dan minuman yang enak bisa menjadi penambah semangat kamu menulis, lo. Dengan adanya cemilan apalagi yang enak akan memperbaiki mood kita. Tentunya mood yang bagus akan semakin meningkatkan semangat kamu untuk menulis. Namun, ingat ya jangan justru kebanyakan ngemil daripada aktivitas menulis.

5. Carilah Tempat yang Nyaman

Rasa bosan terkadang juga datang karena tempat menulis yang itu-itu saja. Semisal hanya di dalam kamar atau ruang kerja saja.

Untuk itu kamu bisa pergi ke tempat lain yang bisa menambah semangat kamu untuk menulis. Sehingga rasa bosan menulis kamu akan sedikit berkurang. Energimu akan semakin bertambah jika tempat menulismu nyaman.

Ide-ide dan inspirasi untuk menulis pun akan semakin banyak. Nah, ada beberapa tempat yang bisa kamu gunakan untuk menulis sehingga ide dan inspirasi terus mengalir. Klik di sini untuk tahu rekomendasi tempatnya.

Apabila rasa bosan tak kunjung hilang dengan lima solusi di atas, maka kamu perlu melihat kembali motivasi awal kamu menulis. Motivasi yang membuat kamu memulai perjalanan untuk menulis sebuah karya. Dengan mengingat kembali motivasimu dalam menulis, semoga kamu tidak lagi jenuh atau enggan menulis lagi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *