4 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Menulis yang Bisa Kamu Dapatkan

4 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Menulis yang Bisa Kamu Dapatkan

Bergabung dengan komunitas menulis di era serba digital seperti sekarang ini sangat mudah. Kamu tidak perlu bersusah payah bertemu dengan bertatap muka.

4 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Menulis yang Bisa Kamu Dapatkan

Selain semakin mudah untuk mendapatkan akses ke komunitas menulis, dengan komunitas tersebut kamu juga akan banyak memperoleh manfaat. Berikut kami merangkum beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari komunitas menulis dan sikap yang perlu kamu lakukan.

Manfaat Bergabung dengan Komunitas Menulis

Berikut adalah empat manfaat yang akan kamu peroleh:

1. Menambah pertemanan

Ini sudah pasti. Manfaat bergabung dengan komunitas menulis, sudah dipastikan kamu akan menambah teman. Pastinya teman tersebut adalah teman yang memiliki kesamaan minat yaitu menulis.

2. Memiliki teman untuk berbagi ilmu

Setelah kamu menambah pertemanan, dari pertemanan tersebut kamu bisa saling berbagi ilmu. Berbagi ilmu tidak harus suatu hal yang menggurui. Di komunitas menulis justru kamu akan memiliki teman yang bisa mensupport kamu. Asalkan kamu aktif juga di dalamnya.

Aktif untuk bertanya, menjawab, dan meminta bantuan. Contohnya meminta bantuan kepada teman untuk men-challenge dirimu. Kamu meminta bantuan teman komunitas kamu untuk memberikan tantangan untuk kamu menulis suatu hal misalnya.

Kamu meminta satu buah kata kepada mereka. Dari satu buah kata tersebut lalu kami gali ide untuk menuliskan sebuah karya. Setelahnya mintalah pendapat teman komunitas tentang bagaimana hasil tulisanmu tersebut.

Apabila mereka memberikan kritik dan saran terimalah, perbaiki tulisanmu dan jangan lupa mengucapkan terima kasih. Dari diskusi untuk membeli kritik dan saran tersebut akan ada ilmu yang saling dibagikan antar teman komunitas.

3. Bisa jadi sarana berbagi karya

Manfaat bergabung dengan komunitas menulis yang ketiga adalah bisa berbagi karya. Salah satu hal yang membuat bahagia seorang penulis adalah karyanya dibaca banyak orang. Mungkin jika penulis profesional akan dengan mudah mendapatkan pembaca. Namun lain halnya jika kamu adalah penulis pemula.

Maka dengan kamu bergabung dengan komunitas menulis kamu memiliki peluang untuk mendapatkan pembaca. Yaitu misalnya dengan berbagi link tulisan ke grup komunitas. Jangan berhenti sampai di berbagi link saja. Mintalah juga kritik dan saran dari mereka.

Namun kamu perlu ingat untuk tidak memaksa mereka segera memberi kritik dan saran. Kamu harus tahu bahwa mereka juga memiliki kesibukannya sendiri. Jadi bersabarlah.

4. Mendapatkan banyak informasi seputar dunia kepenulisan

Manfaat bergabung dengan komunitas menulis berikutnya adalah kamu akan banyak mendapatkan informasi seputar kepenulisan. Mulai dari tips, webinar, event menulis, sampai lomba menulis.

Dengan demikian kamu tidak akan tertinggal informasi, misalnya untuk mengikuti lomba menulis. Kamu lebih cepat mendapat informasi dan tentunya waktu untuk persiapanmu guna menulis naskah untuk lomba juga semakin banyak. Sehingga karya yang kamu buat jadi lebih maksimal dan peluang jadi juara semakin besar.

Bagaimana Seharusnya Bersikap di Komunitas Menulis

Dari beberapa manfaat bergabung dengan komunitas menulis di atas akan sulit kamu dapatkan jika kamu hanya menjadi anggota yang pasif. Bukan berarti kamu harus selalu aktif menjawab chat di grup komunitas, ya.

Yang dimaksud pasif adalah tidak maksimal mengikuti acara yang diselenggarakan komunitas. Contohnya, komunitas sedang mengadakan webinar tapi kamu tidak ikut padahal punya waktu luang. Jadi bukankah percuma, tidak ada ilmu yang bisa kamu dapatkan.

Maka dari itu jadilah anggota komunitas yang aktif, tidak pelit ilmu, bersedia berbagi, dan jangan segan bertanya jika memiliki pertanyaan seputar menulis. Jika kamu tertarik untuk bergabung dengan komunitas menulis, silahkan klik di sini. Dan mulailah menjalin pertemanan positif di sana.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *