5 Tips Lolos Seleksi Buku Antologi Cerpen Dari Lomba maupun Event Menulis

5 Tips Lolos Seleksi Buku Antologi Cerpen Dari Lomba maupun Event Menulis

Sebelumnya kami telah membahas cara untuk menerbitkan buku antologi, salah satunya adalah dengan mengikuti lomba menulis atau pun event menulis. Di mana dari kegiatan tersebut kamu tidak lagi bersusah payah mengumpulkan teman menulis untuk menyusun buku antologi.

5 Tips Lolos Seleksi Buku Antologi Cerpen Dari Lomba maupun Event Menulis

Bahkan kamu hanya perlu membeli buku tersebut, artinya biaya penerbitan tidak lagi kamu tanggung. Kamu pun tidak perlu mengumpulkan teman untuk membuat buku antologi cerpen tersebut. Wah, menarik bukan?

Dengan kemudahan tersebut tentu saja ada proses yang perlu kamu lalui. Yaitu proses seleksi karya. Pada pembahasan kali ini kami akan memaparkan 5 tips agar karyamu lolos seleksi buku antologi.

1. Pahami Tema

Tips Lolos Seleksi Buku Antologi Cerpen yang pertama adalah memahami tema. Tema apa yang diangkat oleh penyelenggara seleksi buku antologi. Jangan sampai cerpen yang kamu tulis melenceng jauh dari tema yang sudah ditentukan. Pada saat tema yang diangkat adalah “Ungkapan rindu” ya kamu jangan menulis cerpen dengan tema “Self improvement”.

2. Ikuti Setiap Syarat dan Ketentuan yang berlaku

Tips lolos seleksi buku antologi cerpen yang kedua adalah mematuhi setiap peraturan yang berlaku. Misalnya terkait dengan jumlah kata, panjang judul, mem-follow akun media sosial penyelenggara dan lain sebagainya.

Sebab bila kamu tidak mengikuti syarat yang berlaku kamu akan tersingkir pada tahap awal. Karena penyelenggara tidak hanya menerima puluhan naskah, tapi ratusan.

3. Buatlah Ide Cerita yang Unik dan Membuat Cerpen yang Baik

Tips lolos seleksi buku antologi cerpen yang ketiga adalah membuat cerita yang unik sekaligus baik. Unik berarti, ide ceritanya segar atau tidak klise. Cerita yang klise itu terlalu biasa.

Dan membuat cerpen yang baik artinya, segala unsur intrinsik, cara menarasikan cerita, penulisan dialog, plot yang logis dan lain sebagainya tersaji dengan baik. Intinya adalah cerpen yang kamu kirim tersebut layak untuk dibaca dan dimuat dalam buku antologi.

4. Lakukan revisi, editing, dan proofreading

Tips lolos seleksi buku antologi cerpen yang keempat adalah melakukan revisi, editing, dan proofreading. Ketiga proses tersebut dilakukan untuk menyempurnakan naskah cerpen yang akan kamu kirim. Sehingga memperbesar peluang untuk naskahmu dipilih oleh penyelenggara seleksi buku antologi cerpen.

Revisi itu terkait dengan “cerita” yang tersaji dalam cerpenmu yang intinya adalah, apakah cerita yang kamu buat sudah baik atau belum. Untuk lebih lengkapnya terkait cara merevisi naskah cerpen, silakan klik di sini.

Lalu editing terkait dengan kaidah kebahasaan yang kamu pakai apakah sesuai dengan EYD atau belum. Sedangkan proofreading, pada intinya adalah terkait dengan tujuan tidak ditemukannya lagi adanya penulisan kata yang salah. Untuk lebih lengkapnya terkait dengan revisi, editing, dan proofreading silahkan melihatnya pada tautan ini.

5. Kirim Tepat Waktu

Berikutnya agar naskah cerpenmu lolos seleksi antologi adalah dengan mengirimkannya tepat waktu. Bila batas waktunya telah habis maka otomatis naskah tidak lagi diterima oleh penyelenggara.

Itu dia lima pemaparan terkait strategi atau tips lolos seleksi buku antologi cerpen. Selain kelima hal tersebut, ada hal yang tidak kalah penting yaitu jangan memplagiat karya orang lain. Juri penyeleksian karya tidak bisa kamu bohongi. Jadi percuma saja jika mengirimkan karya hasil plagiat.

Silahkan mencoba kelima cara di atas, pastikan tidak plagiat dan semoga berhasil. Jangan lupa berdoa juga agar naskah cerpenmu terpilih, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *