4 Cara Menerbitkan Buku Antologi. Mana yang Cocok untukmu?

4 Cara Menerbitkan Buku Antologi. Mana yang Cocok untukmu?

Berhasil menerbitkan buku adalah cita-cita setiap orang yang ingin menjadi penulis. Khususnya bila kamu adalah penulis pemula, maka berhasil menerbitkan buku adalah sebuah kebanggaan.

Perlu kamu tahu bahwa menulis juga memerlukan sebuah proses. Begitu pun dengan keberhasilan menerbitkan buku, juga perlu proses.

4 Cara Menerbitkan Buku Antologi. Mana yang Cocok untukmu?

Jika kamu adalah pemula, maka menerbitkan sebuah buku antologi juga bagian dari proses. Proses untuk kedepannya bisa membantumu menerbitkan buku solo.

Kamu bisa melatih diri melalui menerbitkan buku antologi. Melatih diri untuk apa? Melatih diri untuk menghasilkan, mempromosikan, dan memasarkan karya serta manfaat lainnya dari menerbitkan buku antologi, untuk lebih lengkapnya bisa kamu cek di sini.

Lalu apa cara yang bisa kamu tempuh agar berhasil menerbitkan buku antologimu? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu sebagai berikut ini:

1. Berkolaborasi Bersama Teman Menulis

Cara menerbitkan buku antologi yang pertama adalah secara mandiri dengan mengajak atau berkolaborasi bersama teman menulismu. Caranya dengan mengumpulkan teman yang berminat, lalu mendiskusikan tema, menulis, mengumpulkan, lalu mengirimkannya ke penerbit. Untuk selanjutnya dapat dicetak menjadi sebuah buku.

Berkolaborasi dengan penulis lain memiliki keuntungan di mana kamu bisa mendiskusikan bersama terkait tema yang ingin dipilih. Biaya yang dikeluarkan pun juga lebih sedikit daripada menulis buku solo. Sebab, biaya menerbitkan bisa ditanggung bersama sesama penulis dalam buku antologi tersebut.

Namun, ada beberapa kekurangan yang akan kamu hadapi dari cara menerbitkan buku antologi yang satu ini. Kekurangan tersebut diantaranya adalah kamu harus mencari penerbitnya sendiri. Dimana dalam proses pencarian guna mendapatkan penerbit buku terbaik pasti memakan waktu yang lumayan lama.

Kamu pun juga perlu melakukan editing dan layouting secara mandiri. Yang mana kegiatan layouting buku bukanlah perkara yang gampang. Untuk menghasilkan layout buku profesional kamu juga harus mahir mendesain. Wah, semakin membutuhkan waktu yang lama untuk menerbitkan buku antologi yang kamu tulis bersama temanmu, bukan?

2. Mengikuti Event Menulis Bersama

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk menerbitkan buku antologi adalah dengan mengikuti event menulis bersama. Semisal, event menulis cerpen atau puisi bersama. Kamu bebas memilihnya sesuai keinginan.

Biasanya event menulis bersama ini diselenggarakan oleh instansi tertentu. Baik itu instansi formal seperti sekolah atau sebuah penerbit buku.

Salah satu contoh penyelenggara event menulis bersama ada di Detak Pustaka X Halo Penulis. Mulai dari event menulis bersama kategori cerpen, puisi, sampai quotes.

Keuntungan dari mengikuti event menulis bersama ini diantaranya adalah buku akan diterbitkan gratis oleh penerbit buku Detak Pustaka. Dengan biaya gratis tersebut kamu sebagai penulis terpilih akan mendapatkan banyak fasilitas diantara adalah editing dan layouting profesional.

Tema yang diangkat setiap kali ada event menulis bersama pun terus berganti dan eventnya diadakan secara rutin. Jadi kamu akan memiliki banyak pilihan tema yang bervariasi dan berkesempatan untuk mengikuti programnya secara rutin.

Perlu kamu ingat bahwa tidak semua naskah bisa lolos, artinya kamu harus mengoptimalkan proses menulismu. Melalui event menulis ini, kamu bisa menjadikannya sebagai ajang mengukur kemampuan.

Jika naskahmu tidak berhasil lolos kamu bisa introspeksi diri dan belajar lebih keras lagi agar karyamu di event menulis selanjutnya bisa terpilih. Nah, jika kamu lolos ini adalah kesempatan untuk kamu belajar memasarkan buku yang terdapat karyamu tersebut. Jika nanti kamu sudah punya buku solo maka akan terbiasa untuk memasarkan atau menjualnya.

3. Mengikuti Lomba Menulis

Cara ketiga untuk bisa menerbitkan buku antologi adalah dengan mengikuti lomba menulis. Banyak sekali manfaat yang akan kamu peroleh jika mengikuti lomba menulis. Salah satu untuk mengukur kualitas tulisan, dan bila kamu lolos dan berhasil menjadi juara maka kamu bisa mendapatkan hadiah.

Wah, menarik bukan? Kamu bisa menerbitkan karyamu dan juga mendapatkan hadiah!

Sekarang untuk mencari lomba menulis juga sangat gampang. Di internet sudah banyak tersebar. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam memilihnya. Supaya tidak terjebak di penipuan yang berkedok lomba menulis. Okay!

Salah satu rekomendasi lomba menulis adalah di Detak Pustaka X Halo Penulis. Kamu akan bersaing dengan ratusan peserta lainnya. Kamu akan berkesempatan untuk mengukur kualitas tulisanmu. Dan yang paling penting, kamu bisa menerbitkan karyamu yang termuat dalam buku antologi secara gratis. Dengan berbagai fasilitas penerbit yang memuaskan contohnya editing dan layouting profesional.

4. Menuliskannya Sendiri

Cara menerbitkan buku antologi yang keempat adalah dengan menuliskannya sendiri. Artinya, karya yang terdapat dalam buku antologi tersebut keseluruhan adalah milikmu sendiri.

Dengan demikian kamu harus menulis cerpen (misalnya) dengan banyak judul. Kemudian kamu jadikan satu file, lalu mengirimkannya ke penerbit. Baik itu penerbit indie atau mayor.

Di mana jika kamu mengirimkannya ke penerbit indie maka prosesnya akan lebih cepat tapi berbayar. Namun, jika kamu mengirimkannya ke penerbit mayor naskahmu akan melalui proses seleksi, dan jika terpilih kamu tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis.

Dari empat pilihan cara menerbitkan buku antologi di atas, manakah yang paling cocok dengan kamu? Apapun pilihanmu jangan lupa untuk menuliskan karya terlebih dahulu, ya! Tanpa adanya judul yang rampung kamu tidak akan pernah bisa menerbitkan buku antologi yang kamu impikan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *