Memperoleh Penghasilan Tambahan dari Menulis Cerpen. Yuk Cari Tahu 6 Caranya!

Memperoleh Penghasilan Tambahan dari Menulis Cerpen. Yuk Cari Tahu 6 Caranya!

Skill menulis cerita semisal menulis cerpen adalah salah satu keterampilan yang tidak semua orang bisa memiliki. Perlu kamu tahu juga bahwa kemahiran kamu dalam menulis cerpen bisa mendapatkan apresiasi.

Apresiasi dalam bentuk karya kamu yang dibaca oleh orang lain, dan juga memperoleh penghasilan tambahan. Di zaman sekarang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari menulis cerpen dapat melalui beraneka ragam cara yang bisa dicoba.

Memperoleh Penghasilan Tambahan dari Menulis Cerpen. Yuk Cari Tahu 6 Caranya!

Jika dulu, mungkin hanya bisa dilakukan dengan mengirimkannya ke surat kabar, majalah, majalah kampus, majalah sekolah. Sekarang ada beragam cara yang bisa kamu coba. Untuk lebih lengkap terkait beragam cara menghasilkan uang dari menulis cerpen, silahkan menyimak pada uraian di bawah ini.

1. Menulis di Blog Pribadi yang Beriklan

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk memperoleh penghasilan tambahan dari menulis cerpen yaitu dengan memposting di blog. Di awal-awal kamu menggunakan cara ini mungkin kamu tidak bisa langsung mendapatkan uang tambahan yang besar.

Namun, apabila kamu telaten, giat untuk terus menulis dan meningkatkan kualitas tulisan tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan banyak pembaca. Apabila datang banyak pembaca, maka kamu akan mendapatkan lebih banyak uang tambahan dari iklan yang terpasang di blog pribadimu tersebut.

2. Mengirimkannya ke Media Online Penerima Cerpen

Cara memperoleh penghasilan tambahan dari menulis cerpen yang kedua yaitu dengan mengirimkannya ke media online. Banyak sekali sekarang bertebaran media online yang menerima naskah cerpen. Salah duanya kami ambil contoh di Idn Times dan Detak Pustaka.

Naskah cerpen yang kamu kirim ke kedua media online tersebut sama-sama akan melalui proses seleksi. Apabila lolos maka cerpenmu akan dimuat di sana dan berkesempatan dibaca oleh banyak orang.

Di Idn Times sistemnya memakai jumlah pembaca, artinya setelah cerpenmu lolos seleksi harus bisa mendapatkan banyak pembaca agar poin semakin banyak dan uang yang kamu hasilkan semakin banyak juga. Jadi sampai kapan pun kamu bisa terus mendapatkan uang asalkan pembaca terus bertambah. Sistem ini sebenarnya kurang cocok untuk kamu yang ingin segera mendapatkan uang tambahan dari menulis cerpen. Karena memerlukan kesabaran, waktu, dan ketekunan untuk mempromosikan cerpen.

Sedangkan di Detak Pustaka apabila cerpenmu lolos seleksi oleh editor, kamu bisa langsung mendapatkan honor tidak perlu mencari pembaca. Jadi jika mengirimkan di Detak Pustaka sangat cocok untuk kamu yang ingin segera mencairkan penghasilan tambahan dari menulis cerpen. Jika kamu tertarik silahkan klik di sini untuk mengirimkan naskah cerpen ke Detak Pustaka.

3. Mengikuti Lomba Menulis

Cara memperoleh penghasilan tambahan dari menulis cerpen yang ketiga yaitu dengan mengikuti lomba menulis cerpen. Namun, pastikan karyamu benar-benar layak untuk menjadi juara, ya. Selain harus bagus juga harus memenuhi segala syarat dan ketentuan di lomba menulis.

Jadi bila kamu mengirim naskah untuk lomba menulis, ada dua hal yang perlu kamu perhatikan. Hal pertama adalah memenuhi segala peraturan (syarat dan ketentuan) lomba dari penyelenggaraan. Dan yang kedua pastikan karya yang kamu tulis layak untuk menjadi juara.

4. Mengirimkannya ke Surat Kabar

Cara memperoleh penghasilan tambahan dari menulis cerpen yang keempat adalah dengan mengirimkan ke surat kabar. Cara ini dari dulu sampai sekarang masih ada dan menjadi pilihan banyak penulis.

Honor yang akan kamu dapatkan dengan mengirimkannya ke surat kabar lumayan besar. Berkisar Rp 300.000,00 sampai Rp 1.500.000,00 bergantung dengan jenis media surat kabar.

Honornya sangat menggiurkan ini berbanding lurus dengan proses seleksinya. Selain karena jumlah penulis yang mengirimkan cerpen banyak, tapi juga karena kriteria penilaian juga tinggi. Jadi bersyukurlah kamu jika pernah berhasil menembus surat kabar apalagi jika surat kabar nasional.

5. Menjadi Ghost Writer

Cara memperoleh penghasilan tambahan dari menulis cerpen yang bisa kamu coba berikutnya adalah menjadi ghost writer. Kamu bisa membuka jasa penulisan cerpen.

6. Menulis Cerpen di Aplikasi Menulis

Cara memperoleh penghasilan tambahan dari menulis cerpen yang bisa kamu coba selanjutnya dengan menulis di aplikasi menulis. Sekarang banyak aplikasi yang membayar karya kamu. Contoh aplikasi menulis tersebut yaitu:

  • Storial.co
  • WebNovel
  • Wattpad
  • Novelme

Nah, itu dia enam cara memperoleh penghasilan tambahan dari menulis cerpen yang bisa kamu coba. Pastikan untuk selalu menulis dan mengirimkan karya cerpen terbaikmu, ya! Karyamu pun jangan sampai memplagiat milik orang lain, dan pastikan juga cerita cerpenmu layak untuk dibaca yang bisa memicu rasa penasaran pembaca misalnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *