5 Jenis Kertas untuk Photobook yang Bisa Kamu Gunakan

5 Jenis Kertas untuk Photobook yang Bisa Kamu Gunakan

Photobook adalah salah satu bentuk inovasi guna menyimpan foto-foto kenangan. Sebelum mengenal photobook, dulu kita biasa menggunakan album foto biasa.

Keunggulan menggunakan photobook dari pada album foto adalah desain yang lebih menarik dengan ciri khas lebih modern dan elegan. Sehingga setiap kenangan manis dapat diabadikan dengan indah.

5 Jenis Kertas untuk Photobook yang Bisa Kamu Gunakan

Untuk bisa mengubah foto kenanganmu menjadi photobook kamu bisa mendesainnya sendiri, atau menyewa jasa profesional. Nah, untuk kamu yang jago desain dan punya banyak waktu luang lalu ingin mendesain dan mencetaknya sendiri sebaiknya kamu perlu tahu jenis kertas untuk photobook. Berikut adalah beberapa jenis kertas yang bisa kamu gunakan untuk photobook-mu.

1. Kertas Art Paper

Jenis kertas untuk photobook yang pertama adalah kertas art paper. Art paper biasa disebut dengan kertas konstruk. Jenis kertas ini cocok untuk mencetak photobook-mu karena mempunyai tampilan permukaan halus, licin, putih, dan mengkilap di kedua sisi permukaannya.

Ada beberapa tingkat atau gramatur dari jenis kertas untuk photobook ini, yaitu 85 gr, 100 gr, 115 gr, 120 gr, hingga 150 gr. Bila kamu menggunakan jenis kertas ini untuk photobook-mu, tampilan photobook-mu akan lebih cerah dan mengkilap ditambah dengan laminasi glossy ataupun dove.

2. Art Carton

Jenis kertas untuk photobook yang kedua ini hampir sama dengan art paper. Perbedaan hanya terletak di ketebalannya. Umumnya jenis kertas untuk photobook ini digunakan untuk bagian sampul.

Ketebalan kertas ini mulai dari 190 gsm, 210 gsm, 230 gsm, 260 gsm, dan 310 gsm. Umumnya untuk cover buku atau photobook, ketebalan art carton yang disarankan yang memiliki ketebalan 260 gsm.

3. Kertas Yupo

Kertas Yupo adalah sebuah kertas tipis yang bergramatur 150 gsm dan memiliki warna putih yang terang dan glossy. Kertas ini banyak digunakan untuk booklet company profile.

Jenis kertas yang satu ini juga cocok untuk mencetak photobook-mu. Keunggulan dari kertas ini adalah bahannya yang tidak mudah sobek. Makin cocok nih, agar photobook-mu lebih tahan lama bisa dilihat sampai dengan anak-cucumu kelak.

4. Kertas Splendorgel

Jenis kertas untuk photobook yang keempat yaitu kertas splendorgel. Kertas splendorgel adalah sebuah kertas hardcover premium yang memiliki tekstur halus dan berwarna putih terang. Walaupun harga kertas ini tergolong mahal, tapi hasil cetaknya pun tentu lebih berkualitas.

5. Kertas Mohawk Eggshell

Jenis kertas untuk photobook yang ke lima bisa kamu pakai adalah kertas mohawk eggshell. Kertas mohawk eggshell memiliki warna putih gading dengan beberapa pilihan gramatur kertas 148 gsm, 216 gsm, 270 gsm.

Walaupun permukaan kertas ini terlihat sedikit kasar, tapi bila kamu suka dengan gaya vintage maka jenis kertas ini bisa masuk list pilihan untuk cetak photobook. Kertas ini juga tergolong kertas kualitas tinggi atau premium.

Itulah lima jenis kertas untuk photobook yang bisa kamu pilih jika kamu hendak mencetaknya sendiri. Perlu kamu ketahui bahwa antara kertas untuk sampul tentu saja berbeda dengan kertas untuk isi photobook. Untuk hasil yang baik gunakan ukuran kertas yang lebih tebal untuk cover-nya.

Untuk mencetak photobook dengan hasil maksimal pun juga diperlukan tinta dan printer berkualitas tinggi. Sehingga kualitas photobook yang dihasilkan juga berkualitas tinggi. Setelah mencetaknya kamu juga perlu untuk menjilidnya menjadi satu kesatuan photobook uang utuh.

Nah, jika kamu tidak punya waktu dan tidak ingin ribet, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan photobook. Salah satunya, kami merekomendasikan jasa pembuatan photobook dari Detak Pustaka.

Selain menggunakan tim desainer profesional, photobook-mu pun akan dicetak dengan hasil yang memuaskan. Ditambah lagi, kamu bisa berkesempatan untuk mendapatkan layanan gratis ongkir lho. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa melihatnya di sini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *