6 Tips Menyusun Judul Tulisan untuk Blog Competition

6 Tips Menyusun Judul Tulisan untuk Blog Competition

Apakah kamu sedang ikut blog competition, sudah tahu akan menulis tentang apa, tetapi masih terkendala penulisan judul? Judul merupakan bagian dari sebuah karya tulis yang tidak boleh disepelekan. Apalagi itu untuk blog competition, yang mana optimasi pada artikel atau tulisan adalah hal yang wajib dilakukan.

6 Tips Menyusun Judul Tulisan untuk Blog Competition

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa tips agar kamu bisa memiliki judul artikel atau tulisan yang menarik juri dan juga mesin pencarian tentunya. Yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini:

1. Pahami Jenis Kompetisinya

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan ketika menulis judul tulisan untuk blog competition adalah mengetahui jenis perlombaannya. Ini meliputi tema dan juga jenis tulisan yang diminta

Kamu perlu memastikan bahwa judul yang kamu tulis sudah selaras dengan tema yang diusung. Apabila judulmu tidak selaras maka kemungkinan besar akan didiskualifikasi.

Yang kedua, terkait format tulisan yang diminta ini perihal jenis tulisannya cenderung berupa solusi, promosi, atau bebas. Dengan memahaminya maka judulmu pun akan bisa lebih fokus sesuai dengan jenis tulisan yang diminta penyelenggaraan lomba.

2. Pastikan Judul Memuat Kata Kunci dan Masukan secara Alami

Blog competition biasa membidik keyword tertentu yang telah ditetapkan. Maka dari itu pastikan keyword tersebut telah di judul yang kamu tulis.

Pastikan juga keyword tersebut kamu masukan ke dalam judul secara alami. Maksudnya, tidak seperti dipaksakan jadi biar lebih menyatu dengan kata-kata lainnya yang bukan kata kunci.

3. Pastikan Judul dan Isi Tulisan untuk Blog Competition juga Selaras

Poin penting berikutnya adalah memastikan antara judul dengan isi itu selaras. Sehingga yang menarik itu bukan hanya judulnya saja, tetapi isi tulisannya juga. Jangan sampai antara judul dengan isi artikelnya berbeda jauh, nanti pembaca maupun juri lomba akan tertipu dan akhirnya penilaiannya pun menjadi rendah.

4. Pastikan tetap Ringkas

Dalam membuat judul untuk postingan blog yang diikutsertakan dalam blog competition tidak jauh berbeda ketika kamu sedang menulis untuk postingan blog di website milikmu. Yaitu, memastikan jumlah karakter judulnya ringkas maksimal 60 karakter sehingga bisa terlihat semuanya nanti di mesin pencarian.

5. Buatlah Judul yang Bisa Memancing Emosi

Tips kelima membuat judul tulisan untuk blog competition ialah dengan merangkai sebuah judul yang bisa memancing emosi pembaca. Emosi ini beraneka ragam, bisa perasaan penasaran maupun tersentuh atau terenyuh. Nah, untuk itu kamu bisa melakukan sentuhan berupa:

  • Judul yang menyajikan solusi
  • Memanfaatkan kata terkait dengan keinginan atau tujuan dari perlombaan itu sendiri
  • Selipkan sentuhan humor atau jenaka
  • Sisipkan angka
  • Berikan pernyataan provokatif
  • Dan lain sebagainya

Judul yang emosional mendapat lebih menarik juri karena bisa membangun hubungan pribadi atau secara emosi antara juri dengan peserta lomba. Sehingga membuat juri menjadi ingin membaca lebih lanjut terkait dengan isi tulisanmu.

6. Pelajari Judul Tulisan dari Pemenang Lomba Sebelumnya

Untuk membuat judul tulisan yang menarik juri blog competition maka kamu bisa belajar melalui peserta sebelumnya yang pernah memenangkan lomba. Ini bukan berarti kamu mencontek, ya! Jika mencontek itu namanya tidak kreatif dan judulmu tidak unik, jadi tidak layak untuk memenangkan lomba.

Yang perlu kamu lakukan adalah melakukan analisis. Apa sih yang menarik dari judul tersebut, apa sih yang menarik dari tulisan tersebut sehingga akhirnya memenangkan blog competition? Lakukan proses ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi).

Nah, itulah enam tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat judul tulisan untuk blog competition. Selain menggunakan enam tips di atas, pastikan juga untuk melakukan revisi dan uji coba dengan bertanya pada teman apakah judulmu tersebut telah menarik atau belum. Jika belum, maka perbaiki lagi sampai dirasa telah menarik dan memicu rasa ingin tahu calon pembaca dan juri blog competition.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *