Mengenal Character Archetypes: Suatu Serangkaian Perilaku Universal dari Tokoh Novel Part 1

Mengenal Character Archetypes: Suatu Serangkaian Perilaku Universal dari Tokoh Novel Part 1

Character archetypes atau pola dasar karakter akan menjadi pembahasan kita kali ini. Sebelumnya kami telah membahas dua jenis tokoh novel yang lainnya.

Yaitu tokoh novel berdasarkan perannya dalam cerita novel, dapat kamu baca di sini. Sedangkan jenis tokoh berdasarkan pengembangan karakternya dapat kamu baca di sini.

Mengenal Character Archetypes: Suatu Serangkaian Perilaku Universal dari Tokoh Novel Part 1

Lalu, apa sebenarnya character archetypes itu? Dan apa saja jenis-jenisnya. Kami akan menguraikan pada uraian di bawah ini.

Apa itu Character Archetypes?

Character archetypes adalah karakter yang mewakili serangkaian perilaku universal dan dapat dikenali dengan ciri khas tertentu. Karakter khas yang mewakili tindakan, nuansa, dan karakteristik tertentu, dan juga dapat dikenal sebagai “kiasan karakter”.

Karakter-karakter ini memiliki kualitas terkenal yang membentuk narasi dan cerita novel. Carl Jung, salah satu bapak psikoanalisis, menyatakan bahwa character archetypes adalah bagian dari ketidaksadaran kolektif manusia.

Intinya, character archetypes ini adalah pola dasar karakter atau perilaku dari manusia. Di
mana dalam penulisan novel selalu erat kaitannya dengan manusia beserta dengan karakternya. Sebab menulis novel itu bagaikan menciptakan dunia baru yang berisi manusia dengan beraneka ragam karakternya.

Jenis Character Archetypes

Sebenarnya ada dua belas jenis character archetypes. Namun pada artikel kali ini kami akan membahas lima diantaranya. Sisanya akan kami bahas di artikel berikutnya. Kelima jenis tersebut yaitu:

1. Penjelajah

Karakter yang secara alami memiliki semangat untuk mendobrak batasan dan menemukan sesuatu yang baru. Pada umumnya mereka memiliki rasa penasaran yang tinggi dan termotivasi untuk selalu mengembangkan diri. Kelemahan dari pola dasar karakter ini adalah mudah gelisah dan tidak pernah merasa puas.

2. Pemberontak

Seorang pemberontak tidak tahan dalam menghadapi masyarakat yang tidak adil. Merekalah yang mempunyai keinginan untuk menggulingkan status quo.

Seorang pemberontak mungkin adalah pemimpin yang karismatik, tapi mereka juga mungkin bekerja secara rahasia atau diam-diam. Pada intinya mereka ingin merubah keadaan di sekitarnya menjadi lebih baik.

Kekuatan mereka adalah kecerdasan dan ketekunan. Sementara itu kelemahan mereka adalah mereka dari kaum lemah (bila dibandingkan penguasa) baik dari segi kekuasaan status maupun sumber daya. Karakter ini paling umum muncul di novel bergenre dystopia.

3. Penguasa

Pola dasar karakter tokoh ini mempunyai kekuasaan hukum atau emosi atas orang lain. Mereka bisa saja seorang penguasa yang arif dan bijaksana. Mereka juga bisa seorang penguasa bertangan besi.

Bagaimana pun cara mereka memimpin, keinginan mereka pada dasarnya sama yaitu mempertahankan kekuasaan yang dimilikinya. Kekuatan dari pola karakter ini adalah kepemimpinan, karisma, kekuasaan. Sedangkan kelemahannya adalah ketidakmampuan mendelegasikan, dan kecurigaan.

4. Pelawak

Pola dasar karakter ini sengaja dibuat lucu dan memberikan kelegaan tapi juga bisa menyampaikan kebenaran penting. Bisa juga dikatakan mereka adalah seorang pelawak dalam sebuah cerita novel yang memiliki karakter sembrono.

Walaupun sembrono, karakter tokoh ini biasanya dalam cerita berperan sebagai pemberi peringatan. Yaitu memperingatkan orang untuk tidak membuang waktu terlalu banyak demi mengejar kesenangan.

5. Orang yang bijaksana

Jenis character archetypes yang kelima adalah orang yang bijaksana. Umumnya pola dasar karakter ini biasanya ditemui oleh tokoh protagonis. Artikel tokoh protagonis akan bertemu dengan jenis character archetypes orang bijaksana.

Mereka akan menjadi mentor yang membimbing tokoh protagonis. Mereka adalah penolong tokoh protagonis apabila menemukan jalan buntu. Intinya karakter ini akan menjadi sandaran bagi tokoh protagonis.

Dengan pola karakternya yang bijak, mereka bisa menjadi pegangan bagi protagonis. Kekuatan mereka adalah kebijaksanaan, dan berpengalaman. Sedangkan kelemahannya adalah penuh kehati-hatian dan keterbatasan dalam bertindak.

Nah, itulah perkenalan awal kita terkait dengan character archetypes. Untuk tujuh jenis character archetypes, kami bahas di artikel yang tertera di tautan ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *