5 Manfaat dari Rutin Ikut Event Menulis Puisi, Yuk Segera Ambil Penamu dan Jangan Ragu Berpartisipasi!

5 Manfaat dari Rutin Ikut Event Menulis Puisi, Yuk Segera Ambil Penamu dan Jangan Ragu Berpartisipasi!

Rutin ikut event menulis puisi apakah layak untuk dilakukan? Apakah akan berdampak baik untuk diriku atau hanya akan menguntungkan penyelenggara event menulis tersebut? Pertanyaan-pertanyaan tersebut pernah terlintas di benakmu, bukan?

Rasa ragu untuk melangkah pada suatu hal yang baik memang seringkali menghampiri diri. Tugas kita sebagai manusia salah satunya yaitu berpikir jernih dan memilah mana tindakan yang baik dan mana yang tidak. Tidak terkecuali terkait dengan keikutsertaan kamu dalam suatu event menulis puisi.

5 Manfaat dari Rutin Ikut Event Menulis Puisi, Yuk Segera Ambil Penamu dan Jangan Ragu Berpartisipasi!

Event menulis puisi pada dasarnya ialah kegiatan yang positif, terutama untuk kamu penulis pemula. Sebab, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan rutin berpartisipasi dalam event menulis puisi. Dan pada kesempatan kali ini saya akan menjabarkannya untuk kamu supaya kamu makin yakin untuk berpartisipasi atau rutin ikut event menulis puisi, yaitu:

1. Melatih Diri untuk Konsisten Menulis Puisi

Manfaat dari rutin ikut event menulis puisi yaitu melatih kamu untuk rajin atau konsisten untuk menciptakan puisi. Kamu akan lebih termotivasi untuk menyelesaikan puisi yang kamu tulis. Nah, apabila kamu rajin menulis puisi akan ada dampak baik yang bisa kamu dapatkan, diantaranya yaitu:

Meningkatkan kreativitas

Dengan kamu rajin menulis puisi maka kreatifitasmu dalam merangkai kata semakin meningkat. Kamu akan lebih peka dalam memilih diksi yang sesuai untuk puisi yang kamu ciptakan. Selain itu, kamu juga akan semakin pandai dalam menciptakan majas atau gaya bahasa yang sesuai dengan apa yang ingin kamu gambarkan dalam puisimu.

Meningkatkan kemampuan berpikir

Menulis puisi bukan sekedar menulis menggunakan rima yang sama. Menulis puisi juga memerlukan ketepatan dalam pemilihan diksi dengan tetap mempertimbangkan makna dalam setiap baris maupun bait puisinya. Dengan demikian, jika kamu rutin menulis puisi maka kamu akan terbiasa untuk memaksa otakmu untuk berpikir kritis dan analitis.

Membuat perasaan menjadi lebih baik

Menulis puisi dapat membantu kamu lebih tenang dan bisa menjadi media untuk menyalurkan perasaan atau emosi. Berbeda dengan karya fiksi cerpen yang lebih banyak teknik, menulis puisi terkadang lebih sering menggunakan hati atau media untuk mengungkapkan isi hati.

Apakah cerpen tidak bisa untuk mengungkapkan isi hati? Sebenarnya bisa, hanya saja dengan menulis puisi perasaan kita lebih terlibat dalam proses pembuatannya. Sederhananya, menulis puisi bisa sebagai media untuk terapi jiwa melalui proses menulis yang penuh kejujuran untuk mengungkapkan isi hati melalui diksi indah.

2. Memantik Jiwa Kompetitif

Jiwa kompetitif dalam diri perlu untuk dinyalakan agar kita mau untuk selalu berbenah diri. Dan, dengan rutin ikut event menulis kamu akan bisa menyalakan api kompetitif dalam dirimu dengan cara yang positif. Dalam prosesnya nanti, kamu akan bersaing dengan penulis lain untuk mendapatkan gelar juara yang mana ini berarti kamu harus bisa menghasilkan karya terbaikmu!

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Tahukah kamu bahwa rutin ikut event menulis puisi juga bisa meningkatkan rasa percaya diri? Dengan kamu berani mengirimkan karyamu di event menulis puisi itu menjadi satu tanda bahwa kamu telah memiliki rasa percaya diri akan karya yang kamu ciptakan. Kamu telah percaya bahwa karya tersebut ialah karya terbaik yang berhasil kamu ciptakan!

4. Berkesempatan Puisimu Diterbitkan dalam Bentuk Antologi

Manfaat rutin ikut event menulis puisi berikutnya yaitu kamu berpeluang untuk bisa menerbitkan buku antologi, tentunya dengan syarat karyamu lolos seleksi dari penyelenggara event menulis. Untuk itu, kamu perlu menciptakan karya terbaikmu dan pastikan juga untuk mematuhi peraturan lomba atau event menulis puisi tersebut, ya!

5. Meningkatkan Kemampuan Menulis dalam Tekanan

Menulis puisi di event menulis puisi sudah tentu ada batas waktu atau deadline pengiriman naskahnya. Selain itu, kamu juga akan diberikan tema tertentu. Dengan demikian tekanan yang akan kamu hadapi tidak hanya permasalahan waktu tapi juga tema.

Hal tersebut berarti, kamu harus bisa mengirimkan naskah sesuai jadwal. Untuk bisa tepat waktu dalam hal pengiriman naskah berarti kamu juga akan berlatih manajemen waktu. Wah, berarti kamu tidak hanya akan terlatih menulis di bawah tekanan tapi juga bisa kamu jadikan media untuk belajar manejemen waktu.

Nah, itulah beberapa manfaat dari rutin ikut event menulis puisi. Selain lima hal di atas kamu juga bisa memperoleh manfaat berupa pengetahuan kamu akan kemampuanmu dalam menulis puisi. Kamu bisa mengukur sejauh mana keterampilanmu dalam menulis puisi yang mana dapat kamu lihat dari hasil yang kamu peroleh.

Apakah kamu lolos seleksi. Lalu jika lolos seleksi apakah kamu menjadi juara pertama, kedua, ketiga atau hanya lolos sebagai peserta yang karyanya terpilih untuk dijadikan antologi? Apapun hasilnya, dengan mengetahui di mana posisimu kamu akan semakin bisa meng-upgrade diri menjadi lebih baik! Jadi … jangan ragu lagi untuk rutin ikut event menulis puisi, ya!