6 Cara Cepat Buat Quotes Jadi Viral, Kamu Wajib Coba!

6 Cara Cepat Buat Quotes Jadi Viral, Kamu Wajib Coba!

Mengetahui cara cepat buat quotes jadi viral sangat perlu diketahui di era ini. Dalam dunia kepenulisan, menulis quotes menjadi hal yang masif karena banyak dilakukan oleh kebanyakan orang.

Banyak di antaranya yang sudah mahir merangkai kata yang estetis, tetapi keinginan agar karyanya dibaca oleh banyak orang menjadi terhambat. Penyebabnya karena kurang mengetahui bagaimana menjangkau pembaca dengan tepat.

6 Cara Cepat Buat Quotes Jadi Viral, Kamu Wajib Coba!

Ada banyak media sosial yang dibuat berdasarkan karakteristik dengan targetnya masing-masing. Belakangan ini, yang paling populer di kalangan kawula muda adalah Instagram. Aplikasi ini memang menyuguhkan fitur yang beragam, hal ini dapat dimanfaatkan sebagai media unjuk kemampuan dan kreativitas.

Agar quotes yang kamu tulis tidak hanya sampai pada followers saja, ada baiknya kamu memahami lebih jauh mengenai cara cepat buat quotes jadi viral berikut ini. Baca sampai habis biar gak ketinggalan informasi, ya!

1. Ikut Event Menulis dan Lomba Menulis Quotes

Mengikuti event menulis quotes merupakan langkah awal agar quotes yang kamu tulis dapat dijangkau dengan lebih luas. Banyak komunitas menulis online yang kerap mengadakan hal demikian tanpa dipungkut biaya apa pun. Tujuannya adalah agar semakin meningkatkan kecintaan pada menulis dan dapat berinteraksi dengan sesama penulis baik pemula maupun yang telah mahir.

Kamu juga dapat mengikuti lomba menulis quotes yang kerap diadakan oleh Halo Penulis. Tidak hanya memperbanyak relasi dan pengalaman, mengikuti lomba menulis quotes juga dapat menjadi cara cepat buat quotes jadi viral.

Semakin kamu dapat menjaga kualitas tulisanmu, semakin banyak orang-orang yang tertarik dan secara tidak langsung akan membagikan hasil karyamu di berbagai media sosial mereka secara sukarela.

2. Pastikan Quotes Kamu Membahas Tentang Hal yang Sedang Tren

Orang-orang lebih tertarik pada hal yang berkaitan dengan apa yang tengah hangat diperbincangkan. Kamu harus dapat mengikuti perkembangan tren yang sedang marak dibicarakan kendati hal tersebut hanya dibincangkan dalam kurun waktu singkat.

Sebagai contoh, topik kesehatan mental seringkali dibahas di kalangan anak muda dan pakar. Kamu dapat mengangkat topik serupa yang bisa kamu jadikan quotes versimu. Tulisan yang menghangatkan hati dengan padu padan kata yang ciamik akan membuat pembaca tersentuh dan termotivasi untuk semangat menjalani hidup.

3. Gunakan Canva untuk Meningkatkan Visual

Tak dapat dimungkiri bahwa orang-orang lebih tertarik pada visual yang menarik terlebih dulu. Hal ini terjadi karena banyaknya media sosial yang menyuguhkan visual yang memanjakan mata. Efeknya, tanpa disadari, para pengguna meninggikan standar yang menjadi sesuatu itu menarik.

Maka dari itu, kamu juga perlu mengembangkan kemampuan lain. Fokus pada keindahan kata saja tidak cukup, kamu juga harus punya gaya visual sendiri untuk membuat quotes jadi makin dikenal.

Menggunakan Canva adalah jalan ninja untuk mendekorasi visual tulisanmu tanpa ribet. Ada banyak templat keren yang tersedia tanpa perlu diedit terlalu banyak. Dengan banyaknya stok templat, kamu dapat memilah dan memilih visual yang sesuai dengan karakteristik tulisanmu.

4. Unggah Tulisan di Waktu yang Tepat

Gak Cuma jodoh yang hadir di waktu yang tepat, unggahan juga harus punya waktu yang tepat untuk menggapai pembaca yang tepat pula! Umumnya, waktu ideal untuk mengunggah adalah sekitar pukul 10 pagi hingga 3 sore, dan pukul 6 sore hingga 9 malam.

Waktu tersebut adalah waktu di mana orang-orang belum terlalu sibuk dengan urusan rumah atau pekerjaan sehingga mereka menggunakan waktu di jam tersebut untuk berselancar di media sosial. Ketika kamu mengunggah quotes yang sudah kamu edit sedemikian rupa di jam tersebut, algoritma secara otomatis akan menghubungkan unggahan dengan target yang sesuai.

5. Pakai Hashtag yang Pas

Hashtag atau tanda pagar (tagar) awalnya digunakan di platform Twitter yang kini menjadi X. Fungsi hashtag adalah sebagai penanda unggahan yang berhubungan pada satu topik. Dengan menggunakan hashtag, quotes yang kamu tulis akan mudah ditemukan oleh pengguna lainnya.

Menggunakan hashtag menjadi salah satu cara cepat buat quotes jadi viral. Kamu harus menyertakan hashtag yang sesuai dengan isi tulisanmu agar relevan. Kamu juga dapat menambahkan hashtag yang umum seperti #fyp.

6. Unggahan Jangan Dikasih Kendor!

Tulisan dan visual yang menarik akan cepat terlupakan jika kamu tidak mengunggahnya sesering mungkin. Idealnya, unggahan di Instagram minimal 5 postingan dalam seminggu dan maksimal 2 postingan sehari agar kamu dapat mempertahankan target pembaca.

Konsisten dalam mengunggah akan semakin meningkatkan peluang kamu dikenal oleh banyak orang. Dengan konsistensi tersebut, algoritma akan membantu menunjukkan karyamu pada orang-orang dengan minat serupa.

Nantinya, quotes kamu tidak hanya sekadar viral, tetapi juga akan membangun personal branding yang akan membantumu membangun koneksi dan membuka peluang karir yang lebih luas.

Demikianlah uraian mengenai cara cepat buat quotes jadi viral. Dengan adanya artikel ini, semoga kamu dapat terdorong untuk memperbaiki dan mengembangkan strategi agar dapat menjangkau pembaca yang lebih luas dan membangun citra yang kamu inginkan.