9 Tips Menulis Quotes agar Pesannya Mudah Dicerna Pembacanya

9 Tips Menulis Quotes agar Pesannya Mudah Dicerna Pembacanya

Setiap karya sastra pasti menyimpan sebuah pesan atau amanat yang ingin disampaikan kepada pembacanya. Begitu pula pada karya tulis “quotes”. Dan keahlian kamu dalam merangkai kata akan diuji di sini sebab, quotes hanya terdiri dari beberapa kalimat pendek saja.

9 Tips Menulis Quotes agar Pesannya Mudah Dicerna Pembacanya

Jika kamu masih merasa kesulitan untuk menulis quotes yang mudah dicerna pembaca, maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tipsnya. Berikut ini tips menulis quotes agar amanatnya mudah dicerna pembaca:

1. Gunakan Bahasa yang Sederhana

Usahakan kamu tidak menggunakan kata-kata yang tidak lazim dan jangan menggunakan jargon yang hanya dirimu sendiri yang memahaminya. Dengan demikian akan semakin banyak pembaca yang akan memahami maksud dari quotes yang kamu pilih.

2. Jangan Lupakan Keindahan Diksi

Walaupun kamu menggunakan bahasa yang sederhana, jangan lupa juga untuk menggunakan diksi indah. Diksi ini akan membuat quotes yang kamu tulis menjadi lebih indah dan nyaman untuk dibaca.

Untuk memperoleh diksi yang indah, kamu bisa memanfaatkan Tesaurus Bahasa Indonesia yang tersedia secara online. Di sana, kamu akan menemukan banyak sinonim kata dari kata yang kamu cari, nah pilihlah kata yang indah dan bisa mewakili konteks quotes yang akan kamu tulis.

3. Gunakan Rima dan Ritme

Menulis beberapa kalimat quotes dengan menggunakan rima dan ritme menjadikan quotes yang kamu tulis lebih indah. Selain indah, rima dan ritme membuat quotes yang kamu tulis lebih mudah diingat pembaca dengan demikian proses pemahaman pesannya menjadi lebih mudah.

4. Fokus pada Satu Ide Utama

Pastikan ketika menulis quotes ada satu pesan yang ingin kamu bidik. Selain bisa memudahkan kamu dalam proses menulis, juga akan membuat pembaca mudah mencerna quotes tersebut. Jadi … jangan terlalu banyak menjejalkan pesan ya, nanti pembaca bingung.

5. Gunakan Bahasa Figuratif

Pada saat menulis quotes, susunlah dengan menggunakan bahasa figuratif, seperti melalui personifikasi, simile, atau perumpamaan. Selain akan memudahkan pembaca dalam memahami makna quotes, juga akan membuat quotes-mu lebih hidup dan berkesan.

Akan tetapi, jangan berlebihan ya pada saat menggunakan majas, secukupnya saja! Karena jika berlebihan terkesan tidak natural dan justru sulit dipahami.

6. Fokus pada Emosi

Pada saat proses kreatif menulis quotes pastikan kamu telah menentukan emosi apa yang ingin kamu sampaikan. Apakah itu emosi kesedihan, emosi membangkitkan semangat (quotes motivasi), emosi kebahagiaan dan lain sebagainya.

Dengan fokus pada satu emosi akan memudahkan kamu untuk menentukan diksi apa yang sesuai dan yang mudah dipahami pembaca. Jika terlalu banyak emosi akan mendistraksi pemahaman pembaca.

7. Tulislah Quotes dengan Rapi

Menulis quotes dengan rapi ini maksudnya ialah sesuai dengan kaidah penulisan yang berlaku. Seperti penggunaan tanda koma, tanda titik, minim typo dan lain sebagainya. Penempatan tanda koma yang tepat akan memudahkan pembaca memahami quotes-mu.

8. Bacalah dengan Keras

Selesai menulis quotes, diamkan beberapa jam dengan tidak melihatnya. Setelah itu bacalah quotes yang kamu tulis dengan keras dan rasakan apakah kamu memahami isinya atau tidak. Lalu apakah sudah mudah untuk dimengerti pesan quotes tersebut.

9. Meminta Pendapat Orang Lain

Sebelum kamu membagikan quotes di media sosial atau diikutsertakan dalam lomba menulis quotes, bertanyalah pada orang lain. Mintalah pendapatnya dan tanyakan apakah mereka sudah bisa memahami quotes-mu tersebut.

Itulah sembilan tips menulis quotes agar pesan di dalamnya mudah dicerna pembaca. Semoga dengan beberapa tips di atas semakin memudahkan kamu dalam menulis, ya! Selamat mencobanya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *