Perhatikan 5 Tips dalam Memilih Jasa Penulisan Buku Pengalaman Hidup

Perhatikan 5 Tips dalam Memilih Jasa Penulisan Buku Pengalaman Hidup

Tips dalam memilih jasa penulisan buku pengalaman hidup patut untuk diperhatikan. Supaya penulis yang kamu pilih adalah penulis yang berkualitas, profesional, dan berpengalaman.

Perhatikan 5 Tips dalam Memilih Jasa Penulisan Buku Pengalaman Hidup

Kisah pengalaman hidup yang kamu tuturkan pun bisa tersaji dengan baik dan bisa bisa memberikan manfaat. Berikut adalah 5 tips dalam memilih jasa penulisan buku pengalaman hidup.

1. Tentukan Jenis Pengalaman Hidup Apa yang ingin Kamu Bukukan

Tips dalam memilih jasa penulisan buku pengalaman hidup yang pertama adalah menentukan jenis bukunya. Buku pengalaman hidup atau biografi itu terdiri dari beberapa empat jenis, yaitu:

  1. Buku biografi
  2. Autobiografi
  3. Memoar/memoar biografi
  4. Novel biografi

Dari empat jenis tersebut tentukan jenis mana yang akan kamu jadikan buku pengalaman hidup.

2. Tentukan Cakupan Isinya

Pengalaman hidup yang dimiliki seseorang itu pasti banyak. Misalnya perjalan karirnya, perjalanan cintanya, perjalanan biduk rumah tangganya, perjuangan bertahan hidup karena penyakit mematikan, dan lain sebagainya.

Dari pengalaman hidup yang telah kamu lalui, tentukan pengalaman hidup yang mana yang ingin kamu tuliskan. Kamu bisa mengambil cakupan yang sedikit maupun yang luas.

Kamu bisa memilih cakupan dari kamu lahir sampai sekarang atau bahkan bagian kecil dari kisah perjalananmu. Semisal kamu pernah pergi ke luar negeri menimba ilmu di sana, kamu pun bisa menuliskan menjadi buku pengalaman hidup. Yakni mulai dari bagaimana kamu bisa ke sana sampai aktivitas apa saja yang kamu lakukan.

Penulis yang mengerjakan kisahmu menjadi buku pengalaman hidup akan lebih mudah melakukan tugasnya jika kamu telah menentukan bagian mana dari hidupmu yang ingin kamu bukukan. Pada akhirnya proses pembuatan akan lebih cepat dan buku juga cepat ada di genggaman tanganmu.

3. Ketahui Siapa Penulisnya

Pada saat memilih jasa penulisan buku pengalaman hidup, kamu berhak tahu siapa yang akan menuliskan kisahmu. Pastikan juga mereka adalah penulis profesional dan berpengalaman.

4. Siapkan Budget dan Waktu

Menulis buku pengalaman hidup sedikit lebih sulit dibandingkan dengan menulis fiksi seperti cerpen atau novel. Oleh karena itu biaya yang diperlukan pun juga lebih tinggi.

Biaya yang lebih tinggi juga berkaitan dengan waktu pengerjaannya. Bisa dibilang durasi waktu yang dibutuhkan untuk menulis buku pengalaman hidup lebih lama daripada jasa menulis novel.

Oleh karena itu selain menyiapkan budget, kamu juga perlu menjaga proses komunikasi jika nanti kamu sudah menentukan siapa jasa yang akan menuliskan kisahmu. Komunitas yang lancar akan memangkas durasi penulisan, dan komunikasi yang sulit akan menghambat proses penulisan akibatnya uang yang kamu butuhkan juga akan semakin besar.

5. Pastikan Memilih Jasa yang Terintegrasi dengan Penerbit

Kamu tidak ingin bukan jika bukumu hanya berupa soft file? Kamu juga ingin untuk mencetak menjadi buku yang sesungguhnya, kan?

Yaitu buku dengan desain cover professional, layout profesional, dan juga ber-ISBN. Maka dari itu pastikan untuk memilih jasa penulisan buku pengalaman hidup yang terintegrasi dengan penerbitan buku.

Salah satu rekomendasinya yaitu jasa penulisan buku pengalaman hidup dari Detak Pustaka. Selain harga jasa terjangkau, penulis profesional dan berpengalaman, Detak Pustaka juga menyediakan jasa penerbitan buku. Jika kamu ingin menguliknya lebih lanjut mengenai jasa penulisan buku pengalaman hidup di Detak Pustaka silakan klik di sini.

Itulah lima tips yang bisa kamu gunakan ketika menyewa jasa penulisan buku pengalaman hidup. Semoga bisa bermanfaat, dan buku pengalaman hidup yang ingin kamu terbitkan segera terealisasi dengan jasa penulis yang tepat, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *