Menulis Novel dari Kisah Nyata? Ada 4 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan

4 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan ketika Menulis Novel dari Kisah Nyata

Menulis novel dari kisah nyata bila dilihat sekilas nampak mudah. Sebab banyak di antara penulis berpikir, bahwa kisah yang akan diangkat menjadi novel telah diketahui akan seperti apa.

Namun, nyatanya tidak demikian! Perlu kamu catat bahwa merubah kisah nyata menjadi novel akan menghadirkan tantangannya tersendiri.

Menulis Novel dari Kisah Nyata? Ada 4 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan

Sebuah kisah yang kita anggap menarik belum tentu bagi pembaca sependapat dengan gagasan tersebut. Kepandaian kamu sebagai penulis dalam meramu cerita nyata menjadi novel tetap diperlukan. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan empat hal penting yang perlu kamu perhatikan ketika menulis novel dari kisah nyata, sebagai berikut ini:

1. Tentukan Sumber Cerita

Penting sekali untuk kamu menentukan cerita yang kamu buat itu bersumber dari mana. Apakah itu berdasarkan kisahmu, orang lain, atau terinspirasi dari suatu peristiwa.

Dengan menentukan ini, akan berpengaruh dalam proses menulis seperti dalam menciptakan karakter dan juga proses riset. Umumnya proses riset akan jauh lebih banyak dilakukan jika kisah tersebut terinspirasi dari peristiwa sejarah tertentu daripada berdasarkan kisah nyata yang kamu alami sendiri.

2. Tentukan Premis Cerita

Baik menulis novel berdasarkan kisah nyata atau fiksi murni, premis tetap diperlukan. Ada fungsi lain dari premis cerita selain sebagai ide dasar cerita novel berdasarkan kisah nyata. Premis cerita dalam menulis novel berdasarkan kisah nyata juga berguna sebagai pagar pembatas.

Pagar pembatas ini maksudnya, lingkupan atau gagasan mana yang akan menjadi fokus utama cerita novel. Melansir Master Class, gagasan yang jelas akan dapat memberi kamu objektivitas saat memutuskan elemen faktual mana yang harus dipertahankan dan elemen mana dari cerita kehidupan nyata yang mengalihkan perhatian dari plot utama.

3. Temukan Kebenaran Universal

Tips ini masih terkait juga dengan menentukan elemen faktual atau fakta. Yakni menetapkan apa yang terjadi, kapan kejadiannya, dan kepada siapa kejadiannya.

Kemudian, setelah hal-hal tersebut ditetapkan kamu perlu menggali lebih dalam, dan menemukan kebenaran universal dalam pengalaman tersebut. Tentang apa yang dipelajari orang tersebut yang akan kamu angkat menjadi cerita novel.

4. Jangan Terpaku pada Kisah atau Alur yang Sebenarnya Terjadi

Ingat! Kamu sedang menulis novel dari kisah nyata menjadi fiksi, bukan sedang menulis catatan sejarah atau buku biografi. Jadi jangan setiap adegan atau peristiwa di kehidupanmu (bila kamu menulis novel dari kisah nyata dirimu sendiri) kamu masukkan ke dalam cerita.

Hal ini hanya akan membuat kamu macet dalam menceritakan atau membuat plot dan konflik yang terjadi juga akan kurang menarik. Maka dari itu penting untuk kamu menceritakan sebuah cerita adalah seolah-olah kejadian tersebut terjadi pada karakter fiksi. Salah satu caranya kamu bisa mengubah nama dan kepribadian orang-orang yang terlibat di dalamnya, termasuk dirimu sendiri.

Itulah empat hal penting yang perlu kamu perhatikan ketika menulis novel dari kisah nyata. Menulis jenis tulisan apa pun itu memerlukan proses.

Maka dari itu, jangan ragu untuk terus berlatih agar kemampuanmu dalam menulis novel semakin meningkat. Kamu juga bisa mengikuti kelas menulis dan bergabung dengan komunitas kepenulisan.

Nah, jika kamu ingin segera memiliki novel berdasarkan kisah nyata atau pengalaman pribadimu dengan lebih cepat kamu bisa menyewa jasa pembuatan novel. Opsi ini bisa menjadi solusi jika kamu ingin segera memiliki novel dengan namamu sebagai penulisnya, tapi terkendala kemampuan dan waktu, ya!

Kalau tidak berdasarkan alasan itu, apakah boleh? Boleh-boleh saja! Apapun alasanmu tersebut, kami akan merekomendasikan jasa pembuatan novel terbaik yang bisa kamu gunakan. Yaitu jasa penulisan novel dari Detak Pustaka.

Sebab, selain jasa penulisan novel dilakukan oleh ghostwriter professional, juga karena terintegrasi langsung dengan jasa penerbitan. Untuk menguliknya lebih lanjut dan mendetail silakan klik tautan ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *