5 Tips Riset untuk Menulis Cerpen Sejarah yang Bisa Diterapkan

5 Tips Riset untuk Menulis Cerpen Sejarah yang Bisa Terapkan

Menulis cerpen maupun cerita fiksi lainnya diperlukan sebuah riset. Apalagi jika kamu menulis cerpen sejarah. Maka proses riset merupakan salah satu proses yang perlu diperhatikan dan perlu mendapat perhatian yang lebih, jika dibandingkan cerpen yang tidak terkait dengan sejarah.

5 Tips Riset untuk Menulis Cerpen Sejarah yang Bisa Diterapkan

Proses riset untuk menulis cerpen sejarah sangat penting dan krusial. Namun kamu tidak perlu khawatir tentang bagaimana proses melakukan riset. Kami akan memaparkan beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Berikut adalah tipsnya.

Mengapa Riset Begitu Penting untuk Menulis Cerpen Sejarah?

Riset untuk menulis cerpen sejarah dilakukan agar kamu bisa mendapat fakta sejarah dengan lebih detail bahkan terkait fakta-fakta kecil. Fakta-fakta kecil ini akan membuat cerpen sejarahmu lebih terasa kredibel dan nyata.

Pada saat menuliskan cerita kamu pun perlu pintar-pintar dalam menggabungkan cerita dengan beberapa fakta yang kamu temukan dari hasil riset. Dengan demikian pembaca akan lebih larut dengan cerita yang kamu buat.

Tips Riset untuk Menulis Cerpen Sejarah

Berikut adalah uraian lima tips riset untuk menulis cerpen sejarah yang bisa kamu terapkan.

1. Lakukan perencanaan

Proses awal sebelum melakukan riset adalah dengan membuat perencana. Perencana tersebut terkait pada periode mana yang ingin kamu ambil, apa yang perlu kamu tahu, sumber apa saja yang kamu gunakan, tenggat waktu penelitian dan lain sebaginya. Dengan melakukan perencanaan prosesmu riset menjadi lebih fokus dan terstruktur.

2. Siapkan alat mencatat

Sejarah berarti terkait dengan banyak hal baik peristiwanya apa, penyebabnya, sampai kapan terjadinya peristiwa tersebut. Untuk itu catatlah hal-hal yang kamu temukan dari proses riset. Dengan mencatatnya kamu akan mudah mengingat dan melihatnya jika diperlukan.

3. Perbanyak membaca

Tips yang bisa kamu lakukan pada riset adalah membaca buku terkait peristiwa pada kurun waktu (periode) yang ingin diambil sebagai setting waktu cerpen sejarah. Kemudian menggali lebih dalam untuk memahami kehidupan dan momen tertentu pada periode waktu tersebut. Jangan lupa untuk mencatat hal-hal penting terkait sejarah dalam buku tersebut, ya!

4. Kunjungi museum

Tips keempat yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunjungi museum. Di sana kamu akan banyak menemukan catatan dan peninggalan sejarah. Benda-benda di museum juga bisa kamu gunakan untuk mengetahui bagaimana kehidupan masyarakatnya pada era sejarah yang kamu pilih tersebut.

5. Menonton video dokumenter atau wawancara dari para ahli sejarah

Tips kelima dari riset untuk menulis cerpen yang terakhir adalah menonton video dokumenter atau wawancara. Kamu bisa menontonnya di Youtube lalu mencatat hal-hal penting yang bisa kamu masukan dalam cerpen sejarah yang kamu tulis.

Itulah lima tips riset untuk menulis cerpen sejarah yang bisa kamu lakukan. Riset memang merupakan hal yang penting dalam menulis cerpen sejarah. Namun kamu jangan sampai terlena atau berlama-lama melakukan riset sampai tidak segera menuliskan cerpen. Karena prosesmu tidak hanya menulis tapi juga merevisi cerpen tersebut.

Untuk itu batasi atau berikan tenggat waktu dan juga batasan terhadap apa yang akan pilih peristiwa sejarahnya tersebut. Jangan lupa juga untuk tidak menggunakan semua fakta sejarah, sebab kamu menulis cerpen bukan buku diktat pelajaran sejarah. Okay!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *