6 Tips Berkompetisi di Lomba Menulis Quotes yang Bisa Kamu Terapkan

6 Tips Berkompetisi di Lomba Menulis Quotes yang Bisa Kamu Terapkan

Saat ini jenis kompetisi menulis beraneka ragam, bahkan menulis quotes pun diperlombakan. Salah satu faktornya mungkin karena media sosial yang berkembang dengan masifnya. Yang mana banyak orang mulai menulis kutipan-kutipan indah untuk mendeskripsikan suatu hal.

Lalu, banyak juga penulis yang menerbitkan buku quotes misalnya saja Marchella FP, Pidi Baiq sampai Tere Liye. Dengan demikian dapat dilihat bahwa quotes memiliki penikmat dan pasar di kalangan pecinta buku.

6 Tips Berkompetisi di Lomba Menulis Quotes yang Bisa Kamu Terapkan

Dan melalui lomba menulis quotes, seorang pemula dapat belajar dan berproses sebagai bekal jika suatu hari ingin menerbitkan buku kumpulan quotes. Nah, apabila kamu pemula dan ingin tahu tips berkompetisi di lomba menulis quotes maka kamu sudah berada di artikel yang tepat. Karena saya akan membagikan tipsnya, yaitu:

1. Pahami Tema Lomba

Tips berkompetisi di lomba menulis quotes yang pertama yaitu pastikan kamu telah memahami esensi dari tema yang diangkat oleh penyelenggara. Setelah itu lakukan riset terkait dengan tema yang diusung tersebut.

Riset ini berguna untuk mencari inspirasi dan proses riset bisa kamu lakukan melalui media apapun. Seperti melalui artikel, berita, buku, puisi, film, pengalaman pribadimu sampai lingkungan sekitarmu yang masih erat kaitannya dengan tema lomba.

2. Buatlah Daftar Kata Kunci

Tips berkompetisi di lomba menulis quotes berikutnya yaitu list daftar kata kunci. Kata kunci yang kamu list tidak harus diksi-diksi indah, seketemunya saja. Nantinya bisa kamu olah lagi keyword tersebut untuk menentukan diksi indahnya semisal melalui Thesaurus agar quotes yang akan kamu tulis jadi lebih estetik.

3. Tulislah Quotes dengan Sebaik Mungkin

Pastikan kamu menulis quotes dengan sebaik mungkin, yaitu:

Gunakan Bahasa yang Sederhana dan Jelas

Kesederhanaan tapi indah biasanya itulah kekuatan sebuah quotes. Bahasa yang kamu gunakan tidak perlu yang rumit atau berbelit-belit. Sehingga akan mudah dipahami oleh semua orang terutama juri lomba.

Buatlah Quotes yang Singkat dan Padat

Menulis quotes tentu tidak sama dengan puisi walaupun biasanya diksi yang digunakan sama-sama indah. Quotes yang baik itu singkat, padat dan mengandung makna yang dalam dan menyentuh hati.

Perhatikan Struktur dan Rima

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya quotes hampir mirip dengan puisi. Terutama dari segi pemilihan diksi yang indah dan struktur dan rimanya. Pemilihan struktur kalimat dan rima bertujuan agar quotes yang kamu tulis lebih indah, enak dibaca dan mudah melekat di hati pembaca.

4. Pastikan Tulisanmu Rapi

Dalam lomba menulis apapun itu kerapian tulisan sangatlah diperlukan, maka pastikan tulisanmu telah sesuai dengan pedoman penulisan Indonesia yang benar. Baik dari segi tidak adanya typo sampai struktur kalimatnya pun juga harus benar.

5. Berdiskusi dengan Teman Menulis

Setelah quotes selesai kamu tulis, meminta saran kepada teman bisa menjadi sebuah tips yang berharga. Masukkan dari mereka bisa kamu pertimbangkan agar quotes yang kamu tulis menjadi lebih baik.

6. Pastikan Persyaratan Lomba Terpenuhi

Selain memperhatikan tema, berkompetisi di lomba menulis quotes juga perlu memperhatikan persyaratan lomba yang lainnya. Semisal ketentuan jumlah kata, waktu pengiriman, sampai persyaratan mem-follow media sosial penyelenggara lomba dan lain sebagainya. Dan … pastikan juga kamu mengirimkan quotes-mu tersebut tepat waktu!

Nah, itulah beberapa tips jika kamu berkompetisi di lomba menulis quotes. Selain tips di atas penting juga untuk kamu membaca quotes dari pemenang yang terpilih di lomba yang kamu ikuti.

Untuk mengetahui hasil karya penulis yang memenangkan lomba ini beraneka ragam tergantung jenis lomba dan kebijakan penyelenggara. Semisal, jika lombanya adalah menulis blog maka kamu bisa mengunjungi nama blog yang diumumkan menjadi juaranya.

Lalu, untuk lomba menulis quotes biasanya hasil karya pemenang dan penulis terpilih dibuatkan buku antologi. Maka, cara yang bisa kamu lakukan adalah membeli buku antologi hasil lomba sebelumnya, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *