Bagaimana Cara Memilih Lomba Menulis? Ini Dia 5 Tipsnya!

Bagaimana Cara Memilih Lomba Menulis? Ini Dia 5 Tipsnya!

Berpartisipasi dalam kompetisi menulis atau lomba menulis merupakan salah satu ikhtiar agar hobi menulismu berbuah karya. Di zaman serba digital ini banyak dan pasti dengan mudah kita temukan informasi terkait lomba menulis.

Bagaimana Cara Memilih Lomba Menulis? Ini Dia 5 Tipsnya!

Dengan banyak dan mudahnya kita dalam menemukan informasi lomba menulis, alangkah baiknya jika kita lebih selektif dalam memilihnya. Mengapa demikian? Supaya kamu tidak tertipu oleh oknum yang ingin mencari keuntungan dengan mengatasnamakan lomba menulis.

Berikut ini adalah 5 tips yang bisa kamu gunakan untuk memilih lomba menulis. Silahkan menyimak dan semoga bisa memberi manfaat.

1. Ketahui dan tentukan tujuanmu

Cara memilih lomba menulis yang pertama adalah menentukan tujuanmu dalam mengikuti lomba. Apa sih sebenarnya tujuanmu mengikuti lomba? Ada berbagai dasar yang membuat seseorang ingin mengikuti lomba menulis. Yaitu:

  1. Ajang mengasah kemampuan
  2. Mengukur kualitas tulisan
  3. Menjadi juara
  4. Mendapatkan feedback
  5. Atau sekedar iseng semata

Jika kamu tahu apa tujuanmu sebenarnya mengikuti lomba, kamu pun akan tahu strategi apa yang kamu gunakan. Kamu pun juga akan tahu lomba mana yang akan kamu pilih.

Apakah itu lomba dengan skala nasional, provinsi, atau tingkat sekolah misalnya. Karena tanpa sadar kamu pasti sudah tahu sejauh mana kualitasmu. Kalo kamu ingin jadi juara satu tapi kualitasmu masih minim maka pilihlah lomba dengan tingkat persaingan yang tidak ketat (dengan jumlah peserta yang tidak terlalu banyak).

Namun jika kamu mengikuti lomba untuk mengukur kemampuan dan kualitas tulisanmu dan siap bersaing dengan banyak peserta serta siap menerima apapun hasilnya, pilih lomba menulis dengan jumlah peserta yang banyak misalnya lomba menulis tingkat nasional. Pada saat mengikuti lomba berskala besar kamu pun harus siap secara mental sebab kompetitormu adalah penulis yang telah lama mengasah keahliannya.

2. Pilihlah lomba menulis sesuai dengan kemampuanmu

Apakah kamu adalah penulis pemula dan tertarik untuk mengikuti lomba menulis? Jika iya, kamu perlu memilih kompetisi menulis dengan skala lokal.

Gunakanlah kompetisi menulis tersebut sebagai salah satu ajang untuk membangun kepercayaan dirimu dan latihan menulis. Mengapa tidak memilih kompetisi yang besar langsung?

Karena kamu masih pemula, banyak yang perlu dipersiapkan dalam membuat karya. Keahlian mu bila dibandingkan penulis lama akan jauh berbeda.

Berambisi boleh-boleh saja, tapi tetap persiapkan dirimu. Mulailah dari lomba menulis kecil terlebih dahulu.

Ibaratnya seperti menaiki anak tangga, naikilah satu persatu anak tangga di depanmu. Jangan melompati banyak anak tangga secara langsung, jika kamu jatuh kamu akan terlalu bukan?

Begitu pula ketika memilih kompetisi menulis, jika mentalmu tidak kuat jangan memilih kompetisi menulis dengan skala besar. Karena jika kamu gagal, kamu akan merasa kecewa dan putus asa. Parahnya lagi bisa jadi kamu berhenti menulis.

3. Evaluasi hadiah

Cara memilih lomba menulis yang ketiga adalah dengan mengevaluasi hadiah. Pertimbangkanlah nilai hadiah yang ditawarkan oleh penyelenggara lomba menulis.

Apakah hadiahnya relevan dengan tujuan kamu menulis? Apakah mereka sepadan dengan waktu dan usaha yang kamu perlukan?

4. Periksa reputasi penyelenggara

Baik itu kompetisi menulis skala kecil atau besar kamu wajib memeriksa reputasinya.
Dengan demikian kamu akan tahu rekam jejaknya apakah itu baik atau buruk. Sehingga kamu tidak akan terjerumus pada lomba menulis yang fiktif atau tipu-tipu dan prosesmu untuk mempersiapkan lomba menjadi tidak sia-sia.

5. Pilih lomba menulis sesuai dengan minat

Cara memilih lomba menulis yang terakhir adalah memilih lomba sesuai dengan minat. Memilih lomba sesuai dengan minat penting untuk kamu lakukan. Apakah kamu tertarik ikut lomba menulis esai, opini, cerpen, puisi, atau novel. Jika kamu memilih lomba menulis sesuai dengan minat dan bakatmu kamu akan lebih mudah menjalaninya.

Itulah 5 tips yang bisa kamu gunakan ketika memilih lomba menulis. Berkompetisi di sebuah lomba menulis banyak memberikan manfaat. Khususnya jika kamu adalah penulis pemula, kamu bisa menjadikan lomba menulis sebagai media berlatih dan mengukur kualitas tulisan.

Jadi jangan ragu untuk mengikuti lomba menulis ya, dan jangan lupa untuk mengetahui apa sebenarnya tujuanmu ketika ikut lomba menulis. Jika kamu tertarik untuk berpartisipasi dalam lomba menulis, dan ingin mendapatkan informasi seputar lomba menulis khususnya cerpen kamu dapat melihatnya di sini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *