4 Tips Sebelum Mengirim Naskah untuk Lomba Menulis Cerpen yang Perlu Kamu Lakukan

4 Tips Sebelum Mengirim Naskah untuk Lomba Menulis Cerpen yang Perlu Kamu Lakukan

Sebelum mengirim naskah untuk lomba menulis, kamu perlu melakukan beberapa hal terlebih dahulu. Agar peluang kamu untuk memenangkan lomba menulis lebih besar. Terkadang ada detail-detail kecil dari lomba menulis yang memiliki dampak besar terhadap hasil penilaian juri.

4 Tips Sebelum Mengirim Naskah untuk Lomba Menulis Cerpen yang Perlu Kamu Lakukan

Untuk itu kami akan menguraikan beberapa tips sebelum mengirim naskah. Setelah naskahmu selesai lalu apa yang selanjutnya dilakukan? Silahkan menyimaknya pada uraian di bawah ini.

1. Perbaikilah Naskah

Tips sebelum mengirim naskah cerita di lomba menulis yang pertama adalah memperbaiki naskah. Perbaikan ini meliputi komposisi cerita sampai dengan penulisan. Lebih detailnya, adalah sebagai berikut:

Melakukan revisi naskah cerpen

Perbaikan naskah yang pertama terkait dengan proses revisi. Proses revisi ini sebagai bentuk memperbaiki naskah cerpen terkait dengan komposisi cerita. Yaitu misalnya meliputi:

  1. Kesesuaian dengan tema
  2. Ide cerita yang segar
  3. Alur atau plot yang logis
  4. Tone
  5. Konsisten
  6. Dan lain sebagainya

Intinya adalah cerita di cerpen yang kamu tulis dan akan kamu kirimkan untuk lomba memiliki standar yang baik. Untuk lebih lengkapnya terkait dengan merevisi naskah cerpen dapat kamu lihat di sini.

Melakukan proses editing dan proofreading

Jika naskah cerpen yang kamu buat telah sampai pada finis (telah selesai dilakukan revisi), maka selanjutnya lakukan editing dan proofreading. Kedua hal tersebut dilakukan untuk memperbaiki naskah terkait dengan kesesuaian tata bahasa sampai dengan tidak ditemukannya kesalahan penulisan. Untuk lebih lengkap terkait editing dan proofreading, kamu bisa membacanya di sini.

Memperbaiki layout penulisan sederhana

Layout perlu kamu perbaiki sebelum mengirim naskah cerita di lomba menulis. Ini adalah proses layout sederhana dengan menggunakan Microsoft Word. Misalnya terkait dengan:

  1. Jenis huruf
  2. Margin
  3. Ukuran huruf
  4. Spasi
  5. Dan lain sebagainya

Intinya adalah agar naskah yang kamu kirim terlihat rapi, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, dan nyaman untuk dibaca juri. Sehingga peluang kamu untuk menjadi juara akan semakin besar.

2. Periksa Syarat dan Ketentuan Lomba

Tips sebelum mengirim naskah yang kedua adalah memeriksa syarat dan ketentuan lomba. Kami yakin sebelum kamu menuliskan naskah cerpen untuk lomba pasti sudah membaca syarat dan ketentuan. Namun, kami menyarankan untuk membaca beberapa kali bahkan setelah naskahmu telah selesai kamu revisi.

Tujuannya adalah agar tidak ada yang terlewatkan. Jika perlu kamu bisa mencatat syarat dan ketentuan lomba menulis tersebut.

Kamu bisa menuliskan dalam bentuk daftar check list. Hal ini akan memudahkan kamu guna memastikan tidak ada syarat dan ketentuan lomba yang terlewat. Sehingga peluang kamu untuk menjadi juara semakin besar juga.

3. Pastikan Kamu Telah Membuat Jadwal Pengiriman Naskah

Dalam lomba menulis pasti telah dipaparkan terkait dengan tenggat waktu pengiriman. Namun, namanya manusia terkadang tidak luput dari lupa.

Untuk itu pastikan kamu telah mengatur kapan waktu untuk mengirim naskah cerpenmu kepada panitia lomba. Dan bila waktu yang sudah kamu atur tiba, segera kirim naskah cerpennya.

4. Percayailah dirimu dan karya tulismu

Tips sebelum mengirim naskah untuk lomba yang keempat adalah percaya diri. Artinya begini, jika tenggat waktu telah sampai dan kamu sudah memperbaiki naskah dari revisi, editing, sampai merapikan, maka segera kirim naskah tersebut.

Jangan terlalu berlama-lama atau menunda. Takutnya kamu kelupaan dan lebih parahnya, naskah cerpenmu tidak jadi dikirim karena kamu merasa ragu. Ragu-ragu atau tidak percaya diri ini bukannya membuat naskah cepat terkirim, tapi justru menghambat proses.

Jadi, bagaimana? Sebelum mengirim naskah sudahkah kamu melakukan tips di atas?

Jika belum, yuk lakukan agar peluang kamu untuk menjadi juara semakin besar. Namun, tentunya jangan sampai kamu melupakan hal terpentingnya, ya!

Menulis! Kalau kamu tidak menuliskan naskah cerpenmu apakah bisa kamu mengikuti lomba? Benar, bukan?

Tinggalkan Komentar