Dapatkan 5 Manfaat Menulis Surat dengan Rutin Berpartisipasi dalam Event Menulis Surat

Dapatkan 5 Manfaat Menulis Surat dengan Rutin Berpartisipasi dalam Event Menulis Surat

Menulis surat, apakah ada manfaatnya hingga sekarang metode komunikasi ini masih sering digaungkan. Bahkan ada kompetisi atau event khusus tentang menulis surat yaitu lomba menulis surat.

Yang mana lomba ini tidak hanya diselenggarakan oleh instansi pemerintahan tapi juga perusahaan swasta. Salah satunya ialah event menulis surat yang rutin diselenggarakan oleh Halo Penulis yang mana saat artikel ini dibuat event menulis surat sudah di batch ke 7.

Dapatkan 5 Manfaat Menulis Surat dengan Rutin Berpartisipasi dalam Event Menulis Surat

Fakta bahwa event menulis surat ini masih rutin diadakan, menandakan bahwa kegiatan ini mendapatkan antusias yang baik dari masyarakat. Lalu apa yang sebenarnya akan diperoleh oleh seseorang jika rajin menulis surat baik untuk keperluan pribadi maupun untuk dikompetisikan di lomba menulis surat?

Berikut, kami menjabarkan beberapa manfaat yang akan kamu rasakan jika rutin menulis surat sebagai berikut ini:

1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Menulis surat tentu akan berbeda dengan kamu menulis pesan singkat melalui ponsel. Dalam proses pembuatan segalanya ada aturan atau struktur yang harus kamu penuhi terutama jika kamu menulis surat untuk kompetensi di event menulis surat.

Setiap bagian surat seperti pembuka, isi sampai penutup dalam proses penulisannya memerlukan konsentrasi dan juga melibatkan hati. Dalam proses menulis yang penuh konsentrasi dan melibatkan hati ini kamu akan dilatih untuk mindfulness atau kesadaran penuh.

Segala aktivitas yang dilakukan dengan kesadaran penuh atau mindfulness akan semakin membuat kamu sadar akan saat ini dan detik ini. Pikiran jadi tidak mengambang membayangkan masa lalu yang suram maupun khawatir akan masa depan.

Proses menulis surat yang penuh dengan pengungkapan isi hati juga bisa membuat kamu lebih lega. Lega, karena kamu berhasil mengeluarkan segala sesuatu yang ada dalam hatimu melalui sepenggal surat.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat menulis surat berikutnya yaitu meningkatkan daya ingat. Pada saat kamu menulis surat tentu kita akan menggali kenangan atau peristiwa yang kita lalui dengan si penerima surat. Dengan begitu, memori kita akan terasah untuk mengingat peristiwa tersebut.

Lalu, kita akan merangkainya dalam bentuk tulisan yang mana tulisan tersebut juga harus bisa dipahami oleh si penerima. Dengan demikian, kita pun dilatih untuk merangkai kata sebaik mungkin. Nah, proses ini pun juga baik untuk meningkatkan daya ingat kita yang pada intinya kita akan memaksa otak untuk berpikir.

3. Mengurangi Stress

Pada saat kita menulis surat, tentu kita biasanya akan mengungkapkan isi hati kita, bukan? Pada saat mencurahkan isi hati tersebutlah stress yang kita alami akan sedikit berkurang.

Apalagi jika surat tersebut kamu tulis dengan menggunakan tangan, selain kamu lebih berhati-hati agar tidak terjadi kesalahpahaman penulisan kamu pun akan lebih jujur dalam menuliskannya. Karena, kamu tidak mau bersusah payah menghapus kata-kata yang sekiranya tidak jujur tersebut.

4. Melatih untuk Bisa Bertutur Kata Santun dan Bijaksana

Manfaat menulis surat berikutnya yaitu melatih diri kita untuk berkata santun dan bijaksana. Tidak lagi asal ketik dan susunan kata yang kurang sopan.

Sebab, surat memang identik dengan tutur kata yang bijaksana serta tidak tergesa-gesa. Terlebih lagi jika kamu menulis surat untuk event menulis surat, sudah pasti pemilihan kata akan menjadi pertimbangan juri dalam menilai karyamu.

5. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Seperti yang telah saya katakan di atas, bahwa surat disusun dengan struktur tertentu, yang mana hal ini dapat membuat kita menjadi lebih bijak dalam menyusun kalimat.

Kita menjadi terlatih untuk bisa menyusun kalimat dengan efektif dan sesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, apalagi jika surat tersebut digunakan untuk event menulis surat.

Juri, akan menilai suratmu tidak hanya dari isi suratnya tapi juga ketetapan dalam menggunakan bahasa Indonesia. Kamu harus menulis sesuai aturan penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar yang terbaru yaitu EYD 5. Jika kamu patuh akan hal tersebut maka kemampuanmu dalam berbahasa, baik lisan maupun tulisan akan meningkat.

Nah, itulah manfaat menulis surat yang akan kamu rasakan. Sayangnya menulis surat tidak bisa dilakukan seperti zaman dahulu sebelum adanya handphone walaupun beberapa orang masih menggunakannya.

Walaupun penggunaan surat sebagai alat komunikasi tidak semasif dahulu, kamu tetap bisa meraih manfaat menulis surat tersebut dengan rutin berkompetisi di event menulis surat. Salah satunya yaitu melalui event menulis surat yang rutin diadakan oleh Halo Penulis.

Manfaatkan dengan sebaik mungkin program ini dan jika perlu jadilah salah satu juara agar manfaat menulis surat semakin banyak. Atau paling tidak jadilah penulis terpilih yang karyanya dijadikan buku antologi. Namun, jika pun belum bisa keduanya tidak apa-apa yang terpenting ialah kamu mau untuk mencobanya!